Search for collections on Undip Repository

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Preeklampsia pada Ibu Hamil di RS Aisyiyah Kudus

Chilwa Hidayati, Farah and Nugraheni, Arwinda and Wahyudi, Firdaus and Julianti, Hari Peni (2023) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Preeklampsia pada Ibu Hamil di RS Aisyiyah Kudus. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak KTI_Farah Chilwa Hidayati)
Abstrak KTI_Farah Chilwa Hidayati_Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Preeklampsia pada Ibu Hamil di RS Aisyiyah Kudus.pdf

Download (94kB)

Abstract

Latar belakang: Angka Kematian Ibu di Indonesia masih tinggi dimana salah satu penyebab terbesarnya yaitu hipertensi dalam kehamilan (HDK). Salah satu jenis dari hipertensi tersebut adalah preeklampsia dan eklampsia yang terbukti terdapat peningkatan proporsi setiap tahunnya. Penyebab dari terjadinya preeklampsia masih masuk ke dalam disease of therioes hingga saat ini dengan memperhatikan dari faktor-faktor risiko yang dapat menyebabkan ibu hamil menderita preeklampsia.
Tujuan: Mengetahui faktor-faktor yang berkaitan dengan kejadian preeklampsia pada ibu hamil di RS Aisyiyah Kudus.
Metode: Merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan case-control memakai data penelitian berupa kuesioner dan wawancara. Sampel berupa 94 ibu hamil dengan preeklampsia sebagai kasus dan 94 ibu hamil normal sebagai kontrol dengan cara purposive sampling dan analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji chi-square.
Hasil: Hasil uji regresi logistik sederhana membuktikan adanya hubungan bermakna antara usia ibu, status gravida, indeks massa tubuh dan hipertensi kronik dengan kejadian preeklampsia pada ibu hamil.
Kesimpulan: Faktor dominan yang paling berpengaruh dalam terjadinya preeklampsia pada ibu hamil yaitu hipertensi kronik.

Kata kunci: ibu hamil, pre-eklampsia, hipertensi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ibu hamil, pre-eklampsia, hipertensi
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:43
Last Modified: 21 Dec 2023 01:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19149

Actions (login required)

View Item View Item