Search for collections on Undip Repository

SENSITIVITAS DAN SPESIFISITAS SKOR TOMOGRAFI KOMPUTER DAN SKOR JESREC UNTUK DIAGNOSTIK DOMINASI EOSINOFILIA DAN NON-EOSINOFILIA PADA RINOSINUSITIS KRONIS PRIMER BILATERAL

Hadmanudin, Dagdo Purwo and Dewi, Anna Mailasari Kusuma and Iriani, Desy (2023) SENSITIVITAS DAN SPESIFISITAS SKOR TOMOGRAFI KOMPUTER DAN SKOR JESREC UNTUK DIAGNOSTIK DOMINASI EOSINOFILIA DAN NON-EOSINOFILIA PADA RINOSINUSITIS KRONIS PRIMER BILATERAL. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak Tesis-Dagdo)
Abstrak Tesis-Dagdo.pdf

Download (571kB)

Abstract

Tujuan : Skor Lund Mackay (LMS), rasio etmoid per maksila (E/M), skor GOSS dikenal sebagai penanda diagnostik untuk peradangan eosinofilik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sensitivitas, spesifisitas dan akurasi skor tomografi komputer dan skor JESREC untuk diagnostik pra-operasi eCRS dan non-eCRS.
Bahan dan Metode : Penelitian belah lintang terhadap lima puluh pasien RSK primer bilateral (27 eCRS dan 23 non-eCRS) yang menjalani operasi bedah sinus endoskopi fungsional (BSEF) primer dan biopsi jaringan di Rumah Sakit Kariadi Semarang. Tomografi komputer (CT) pra operasi yang telah dikerjakan di Unit Radiologi Rumah Sakit dilakukan re-ekspertisi oleh ahli radiologi untuk menghitung LMS, rasio E/M, dan skor GOSS. Data klinis dan laboratorium dikumpulkan dari rekam medis elektronik untuk menghitung skor JESREC. Cut-off point LMS 6, rasio E/M 2,065 dan JESREC ≥ 11 digunakan untuk analisis tabel 2x2. Analisis kurva Receiver Operating Characteristic (ROC) dilakukan pada semua tes indeks. Hasil histopatologi sebagai standar referensi dalam identifikasi eCRS.
Hasil : Eosinofilia darah tepi, rasio E/M, dan skor JESREC secara bermakna lebih tinggi pada eCRS dibandingkan dengan non-eCRS. Tidak ada perbedaan yang bermakna dalam usia, skor LMS dan GOSS. Sensitivitas, spesifisitas dan akurasi LMS masing-masing (88,89%, 4,35%, 50%), rasio E/M (55,56%, 82,61%, 68%), skor JESREC (70,37%, 65,22%, 68%) dalam mengidentifikasi eCRS. Analisis kurva ROC diperoleh skor AUC JESREC sebesar 0,734, diikuti rasio AUC E/M sebesar 0,650, LMS sebesar 0,473, dan skor GOSS sebesar 0,345.
Kesimpulan : Skor JESREC merupakan alat diagnostik pra-operasi eCRS paling baik dibandingkan dengan skor CT pada RSK derajat berat.
Kata Kunci : Skor Lund Mackay, Rasio Etmoid Maksila, Skor GOSS, Skor JESREC, RSK Eosinofilia

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Skor Lund Mackay, Rasio Etmoid Maksila, Skor GOSS, Skor JESREC, RSK Eosinofilia
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 26 Dec 2023 13:16
Last Modified: 26 Dec 2023 13:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19128

Actions (login required)

View Item View Item