Search for collections on Undip Repository

Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Orangtua dengan Kejenuhan Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Diponegoro

Rahma, Nafa Aulia and Prihatsanti, Unika (2023) Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Orangtua dengan Kejenuhan Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Diponegoro. Masters thesis, Undip.

[img] Text
abstrak nafa-.pdf

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial orangtua dengan kejenuhan akademik pada mahasiswa akhir menyusun skripsi di Universitas Diponegoro. Kejenuhan akademik pada mahasiswa dapat disebabkan oleh efikasi diri mahasiswa dan dukungan sosial orangtua yang diperoleh oleh mahasiswa. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester akhir Universitas Diponegoro yang telah memenuhi karakteristik sampel. Penelitian ini menggunakan tiga variabel pengukuran yaitu variabel bebas efikasi diri, variabel bebas kedua yakni dukungan sosial orang tua dan variabel terikat yakni kejenuhan akademik. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga buah skala yang diadaptasi dan telah diuji cobakan yaitu Maslach burnout inventory-students survey (MBI-SS) (15 item;α= 0,80), self-efficacy scale (25 item; α=0,852) dan social support scale (27 item; α=0839). Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan negatif antara efikasi diri dan kejenuhan akademik (β= -0,046, p-value=0,045), sehingga semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki mahasiswa maka semakin rendah kejenuhan akademik yang dirasakan. Selain itu, (β= -0,104, p-value=0,000), menunjukkan adanya pengaruh negatif antara dukungan sosial orang tua dan kejenuhan akademik, semakin tinggi dukungan sosial orang tua maka semakin rendah kejenuhan akademik. Oleh karenanya, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi positif pada beberapa pihak diantaranya mahasiswa tingkat akhir Universitas Diponegoro Semarang dan bagi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:44
Last Modified: 05 Feb 2024 01:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19117

Actions (login required)

View Item View Item