Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Kombinasi Ekstrak Pegagan (Centella asiatica) dan Terapi Standar pada Kecepatan Penyembuhan Ulkus Derajat 1 Mencit (Mus musculus) Balb/C dengan Diabetes Melitus

Afifah, Azzah and Yuniati, Renni and Budiastuti, Asih and Radityastuti, Radityastuti (2023) Pengaruh Kombinasi Ekstrak Pegagan (Centella asiatica) dan Terapi Standar pada Kecepatan Penyembuhan Ulkus Derajat 1 Mencit (Mus musculus) Balb/C dengan Diabetes Melitus. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (AZZAH FITRI AFIFAH-22010120130163-KTI-ABSTRAK)
AZZAH FITRI AFIFAH-22010120130163-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (37kB)

Abstract

Latar belakang: Diabetes Melitus adalah penyakit sistemik umum di Indonesia yang seringkali menyebabkan komplikasi berat seperti ulkus diabetikum. Mayoritas Ulkus diabetikum menurut kriteria Meggitt-Wagner adalah kelas 1 (ulkus pada superfisial kulit). Penanganan ulkus diabetikum harus dilakukan dengan cepat dan efektif. Salah satu cairan yang digunakan dalam perawatan luka adalah Natrium Klorida 0,9% (NaCl) atau saline. Salep gentamicin sering digunakan sebagai kontrol infeksi karena merupakan antibiotik golongan aminoglikosida yang sangat sensitif terhadap basil gram negatif. Ekstrak Centella asiatica, bahan herbal, memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat mempercepat penyembuhan luka. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak penggunaan ekstrak Centella asiatica pada kecepatan penyembuhan ulkus derajat 1 pada mencit dengan diabetes melitus.
Metode: Penelitian eksperimental dilakukan dengan mencit Balb/C yang diberikan diabetes dan luka kulit. Mencit dibagi menjadi kelompok-kelompok yang menerima perlakuan berbeda, termasuk NaCl, gentamicin, kombinasi ekstrak Centella asiatica dan gentamicin, serta kombinasi ekstrak Centella asiatica dan NaCl. Penelitian melibatkan pengamatan ulkus mencit dalam berbagai kelompok.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa mencit yang diberi ekstrak Centella asiatica dengan NaCl 0,9% memiliki waktu penyembuhan yang lebih cepat daripada kelompok kontrol. Kombinasi krim gentamicin 0,1% dengan ekstrak Centella asiatica memberikan waktu penyembuhan luka paling cepat.
Kesimpulan: Pemberian kombinasi krim gentamicin 0,1% dengan ekstrak pegagan (Centella asiatica) 16% mempercepat penyembuhan ulkus diabetikum derajat 1 dibandingkan dengan pemberian terapi standar saja pada mencit (Mus musculus) Balb/C.
Kata kunci : Diabetes Melitus, Ulkus Diabetikum Derajat 1, Ekstrak Pegagan, Gentamicin, NaCl.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Diabetes Melitus, Ulkus Diabetikum Derajat 1, Ekstrak Pegagan, Gentamicin, NaCl.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:26
Last Modified: 21 Dec 2023 03:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19108

Actions (login required)

View Item View Item