Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PEMBERIAN VITAMIN D TERHADAP BERAT PLASENTA DAN GAMBARAN HISTOLOGI PLASENTA TIKUS WISTAR (Rattus norvegicus) YANG BUNTING

Saniyya, Sulthana Tsabita and Kristanto, Herman and MUNDHOFIR, FARMADITYA EKA PUTRA (2023) PENGARUH PEMBERIAN VITAMIN D TERHADAP BERAT PLASENTA DAN GAMBARAN HISTOLOGI PLASENTA TIKUS WISTAR (Rattus norvegicus) YANG BUNTING. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK_SULTHANA TSABITA SANIYYA.pdf

Download (30kB)

Abstract

Latar Belakang: Kehamilan dengan defisiensi vitamin D berisiko lebih tinggi mengalami gangguan suplai uteroplasenta yang akhirnya mempengaruhi fungsi dan perkembangan plasenta. Plasenta dengan kondisi hipoksia dapat menyebabkan adanya kapilerisasi villi berlebih dan proliferasi sel trofoblas sebagai mekanisme adaptasi agar suplai oksigen dan nutrisi pada janin tetap terjaga. Akibatnya berat plasenta menjadi bertambah.
Tujuan: Membuktikan pengaruh pemberian vitamin D terhadap berat plasenta dan gambaran histologi plasenta tikus Wistar yang bunting.
Metode: True experimental dengan post-test only control group design pada 14 tikus Wistar bunting, dibagi secara acak menjadi 2 kelompok yaitu kontrol dan perlakuan (vitamin D dosis 0,01 gram/hari). Perlakuan dimulai sejak hari ke-1 hingga hari ke-17 kebuntingan. Subjek diterminasi pada hari ke-18 untuk diambil sampel plasenta, dilakukan penimbangan, serta pembacaan histologi terhadap kondisi villi khorealis. Analisis stastik dengan Uji Normalitas Saphiro Wilk, Independent Sample T-Test, serta Uji Beda Chi-Square.
Hasil: Rerata berat plasenta kontrol adalah 0.541 ± 0.063. Rerata berat plasenta perlakuan adalah 0.428 ± 0.049. Terdapat perbedaan berat plasenta bermakna dengan P=0.006 (P<0.05). Terdapat perbedaan bermakna pada pengaruh pemberian vitamin D terhadap gambaran histologi plasenta tikus antara kelompok kontrol dan perlakuan dengan P=0.029 (P<0.05).
Kesimpulan: Plasenta tikus kontrol memiliki rerata berat yang lebih tinggi dibanding plasenta tikus perlakuan. Pada plasenta tikus kontrol ditemukan gambaran histologi berupa vaskularisasi dan sel trofoblas dengan jumlah yang lebih banyak dibanding pada plasenta tikus perlakuan.
Kata kunci: Vitamin D, Gambaran histologi plasenta, Berat plasenta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Vitamin D, Gambaran histologi plasenta, Berat plasenta.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: akses mahasiswa FK
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:38
Last Modified: 21 Dec 2023 01:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19097

Actions (login required)

View Item View Item