Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA EFEK SAMPING KEMOTERAPI DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN KANKER PAYUDARA DI RSUP DR. KARIADI

Maharani, Amira Cinta and Yudhanto, Eka and Sarjana, Widodo (2023) HUBUNGAN ANTARA EFEK SAMPING KEMOTERAPI DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN KANKER PAYUDARA DI RSUP DR. KARIADI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (15kB)

Abstract

Latar belakang : Kanker payudara adalah masalah utama kesehatan dengan tingkat mortalitas dan mobiditas yang tinggi, terutama pada wanita, di Asia-Pasifik. Penggunaan kemoterapi sebagai metode pengobatan menimbulkan efek samping yang bervariasi. Pasien kanker payudara cenderung mengalami tingkat kecemasan yang tinggi.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk memahami hubungan antara efek samping kemoterapi dan tingkat kecemasan pada pasien kanker payudara di Indonesia, terutama karena sebagian besar pasien datang dalam stadium klinis yang lanjut.
Metode : Penelitian ini dilakukan di RSUP Dr. Kariadi, Semarang, pada bulan Juni-Juli 2023 dengan desain observasional analitik cross-sectional. Populasi target adalah pasien kanker payudara wanita yang menjalani kemoterapi. Sampel dipilih menggunakan consecutive sampling. Data dikumpulkan melalui rekam medis, kuesioner, lembar informasi, dan informed consent. Analisis data menggunakan SPSS, termasuk analisis univariat dan bivariat. Hasil : Efek samping kemoterapi yang paling umum adalah mual muntah, dengan mayoritas pasien mengalami tingkat normal. Rambut rontok (alopesia) juga sering terjadi, terutama dengan tingkat berat. Diare adalah efek samping lain yang umum terjadi, dengan mayoritas pasien mengalami tingkat normal. Gangguan hitung jenis darah seperti anemia, leukopenia, dan trombositopenia juga dialami oleh beberapa pasien. Kecemasan pada pasien kanker payudara mayoritas berada dalam kategori sedang, dengan sedikit pasien mengalami tingkat berat.
Kesimpulan : Penelitian ini tidak menemukan hubungan signifikan antara efek samping kemoterapi dan tingkat kecemasan.
Kata Kunci : Kanker, Kecemasan, Efek Kemoterapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kanker, Kecemasan, Efek Kemoterapi.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Dec 2023 02:53
Last Modified: 22 Dec 2023 02:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19083

Actions (login required)

View Item View Item