Search for collections on Undip Repository

Hubungan Endotipe Rinosinusitis Kronik Primer Dengan Skor Lund- Mackay CT Scan Sinus Paranasal

Nurulita, Salsabila Permata and Dewi, Anna Mailasari Kusuma and Kuntjoro, Lydia Purna Widyastuti Setjadiningrat and Marliyawati, Dwi (2022) Hubungan Endotipe Rinosinusitis Kronik Primer Dengan Skor Lund- Mackay CT Scan Sinus Paranasal. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak KTI Salsabila Permata)
Abstrak - Salsabila Permata.pdf

Download (121kB)

Abstract

Latar Belakang: Rinosinusitis kronik primer didefinisikan sebagai gangguan inflamasi primer saluran pernapasan atau pada sistem pernapasan. Pada rinosinusitis kronik primer, inflamasi didominasi endotipe yang dibagi menjadi tipe 2 dan non-tipe 2. CT scan merupakan standar baku emas untuk diagnosis rinosinusitis kronik. CT scan menggunakan skor Lund-Mackay untuk menegakkan diagnosis rinosinusitis kronik. Total skor Lund-Mackay pada sinus paranasal adalah
12 per sisi atau berjumlah 24 jika pada kedua sisi.
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara endotipe rinosinusitis kronik primer dengan skor Lund-Mackay CT scan sinus paranasal.
Metode : Penelitian yang dilakukan adalah analitik dengan desain cross sectional. Uji kesesuaian dengan uji kappa untuk dua penilai, diamati hasil CT scan sinus paranasal penderita rinosinusitis kronik dengan endotipe dianalisis menggunakan skor Lund-Mackay. Uji hipotesis untuk korelasi antara skala ordinal dengan skala nominal digunakan uji Lambda.
Hasil: subjek peneltian berjumlah 66, laki-laki dengan presentase 53% lebih banyak daripada perempuan dengan presentase 47%. Endotipe dibagi menjadi dua, berdasarkan histologi jaringan, dominasi eosinofil berjumlah 36 (54,54%) dan non-eosinofil berjumlah 30 (45,45%). Hasil analisis berdasarkan uji Lambda antara endotipe rinosinusitis kronik dengan skor Lund-Mackay CT scan didapatkan nilai p = 0,446 dan r = 0,012, karena nilai p > 0,05 maka dapat disimpulkan hubungan histopatologi jaringan terhadap Skor Lund Mackay tidak terdapat hubungan yang bermakna. Kesimpulan: Jumlah endotipe berdasarkan histologi jaringan, yaitu eosinofil dan non-eosinofil tidak berpengaruh terhadap gambaran radiologi CT scan sinus paranasal pada pasien rinosinusitis kronik
Kata Kunci: Rinosinusitis kronik primer, endotipe rinosinusitis kronik, CT scan, Skor Lund- Mackay

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rinosinusitis kronik primer, endotipe rinosinusitis kronik, CT scan, Skor Lund- Mackay
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Dec 2023 06:57
Last Modified: 20 Dec 2023 06:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19082

Actions (login required)

View Item View Item