Search for collections on Undip Repository

Hubungan Motivasi Guru dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SMA Negeri Kabupaten Pekalongan

Elvira, Fernanda and Nugroho, Teddy Wahyu and Wulandari, Diah Rahayu (2023) Hubungan Motivasi Guru dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SMA Negeri Kabupaten Pekalongan. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
FERNANDA ELVIRA-22010120130097-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (12kB)

Abstract

Latar belakang: Program PHBS di sekolah bertujuan meningkatkan perilaku harian siswa, staf, dan tenaga pengajar menuju gaya hidup lebih bersih dan sehat. Penerapan PHBS sangat penting untuk membantu anak-anak mengubah perilaku lebih sehat dan mengurangi risiko masalah kesehatan. Peran guru diharapkan membantu siswa dalam menerapkan PHBS di sekolah.
Tujuan: Mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi guru terhadap PHBS siswa di SMA Negeri 1 Kajen, SMA Negeri 1 Bojong, dan SMA Negeri 1 Kesesi.
Metode: Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Sampel penelitian pada penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas 12 SMA Negeri 1 Kajen, SMA Negeri 1 Bojong dan SMA Negeri 1 Kesesi tahun pelajaran 2023/2024 dan memenuhi kriteria inklusi.
Hasil: Hasil uji bivariat Chi-square menunjukkan hubungan signifikan antara motivasi guru dan PHBS di sekolah, dengan nilai signifikansi p<0,001. Nilai Odds Ratio (OR) sebesar 6,97 mengindikasikan bahwa kelompok guru yang memiliki motivasi tinggi memiliki kemungkinan 6,97 kali lebih tinggi untuk memengaruhi penerapan PHBS di sekolah daripada kelompok dengan motivasi guru yang rendah.
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi guru terhadap PHBS siswa-siswi SMAN 1 Kajen, SMAN 1 Bojong, dan SMAN 1 Kesesi.
Kata kunci: PHBS, guru, remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PHBS, guru, remaja
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Dec 2023 03:53
Last Modified: 20 Dec 2023 03:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19066

Actions (login required)

View Item View Item