Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Relaksasi Benson Terhadap Memori Jangka Pendek Diukur Dengan Scenery Picture Memory Test

Fadhilah, Faris Fawwaz and Basyar, Edwin and Fitrikasari, Alifiati (2023) Pengaruh Relaksasi Benson Terhadap Memori Jangka Pendek Diukur Dengan Scenery Picture Memory Test. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (10kB)

Abstract

Latar Belakang: Stres dapat memberikan pengaruh negatif terhadap fungsi kognitif, khususnya pada memori jangka pendek, seperti mudah lupa. Setiap orang memiliki berbagai respons dan koping terhadap stres, salah satunya dengan relaksasi Benson. Relaksasi Benson bekerja dengan fokus pada kata atau kalimat yang diucapkan berulang dengan ritme tetap yang disertai sikap pasrah kepada Tuhan sambil melakukan pernapasan dalam sehingga kadar oksigen dalam tubuh dan otak tercukupi yang membuat tubuh menjadi rileks dan menurunkan stres.
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh relaksasi Benson terhadap memori jangka pendek pada Mahasiswa Kedokteran Undip yang diukur dengan Scenery Picture Memory Test.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis penelitian pra-eksperimental dengan pendekatan pre-test dan post-test. Sampel yang digunakan yaitu mahasiswa kedokteran Universitas Diponegoro yang memenuhi kriteria inklusi dan tidak termasuk dalam kriteria eksklusi. Sesuai rumus penelitian, sampel minimal yang diperlukan adalah 15 sampel. Uji statistik yang digunakan adalah uji normalitas Shapiro-wilk. Untuk data pre-test¬ dan post-test fungsi memori jangka pendek sebelum dan sesudah diberi perlakukan diuji dengan uji t berpasangan.
Hasil: Terdapat perbedaan skor memori jangka pendek yang bermakna pada pre-test dan post-test pada kelompok perlakuan yang melakukan relaksasi Benson dua kali sehari dengan durasi 10-20 menit selama 14 hari berturut-turut.
Kesimpulan: Terdapat hasil memori jangka pendek yang lebih baik pada subjek penelitian yang melakukan relaksasi Benson
Kata kunci: Relaksasi Benson, memori jangka pendek, scenery picture memory test

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Relaksasi Benson, memori jangka pendek, scenery picture memory test
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 21 Dec 2023 06:38
Last Modified: 21 Dec 2023 06:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19060

Actions (login required)

View Item View Item