Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS PELATIHAN PENCEGAHAN STUNTING TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN PRAKTIK KADER DALAM PENDAMPINGAN POS SATELIT (Studi di wilayah kerja Puskesmas Lamper Tengah, Kota Semarang)

AULIA, FATHIMAH ASRI FADHILAH (2023) EFEKTIVITAS PELATIHAN PENCEGAHAN STUNTING TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN PRAKTIK KADER DALAM PENDAMPINGAN POS SATELIT (Studi di wilayah kerja Puskesmas Lamper Tengah, Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO FATHIMAH.pdf - Published Version

Download (444kB)

Abstract

Latar belakang : Stunting merupakan permasalahan gizi yang paling dominan pada balita . Kota Semarang menetapkan 25 Kelurahan sebagai lokus stunting dan mulai dibentuk pos satelit (Pos-Lit). Kader diberikan pelatihan untuk menjalankan pos satelit agar kader dapat mencegah serta mendeteksi stunting dan menggunakan alat antropometri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelatihan pencegahan stunting terhadap tingkat pengetahuan dan praktik kader dalam pendampingan pos satelit di wialyah kerja Puskesmas Lamper Tengah.
Metode : Jenis penelitian ini pre eksperimental dengan rancangan one group pre-post test yang dilakukan pada 60 kader pos satelit yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Sampel diberikan pre-test sebelum mendapatkan intervensi dan post-test diberikan setelah 3 bulan pre-test. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat (wilcoxon signed rank test).
Hasil : Sebelum diberikan intervensi terdapat 3,3% responden memeiliki tingkat pengetahuan pencegahan stunting yang kurang, 16,7% cukup, dan 80% baik. Terkait pengetahuan antropometri terdapat 5,0% responden dnegan kategori kurang, 31,7% cukup dan 63,3% baik. Setelah intervensi median pengetahuan pencegahan stunting 15,00±0,813 SD dan pengukuran antropometri 14,00±0,932 SD sedangkan praktik pencegahan stunting 10,00±0,783 SD dan pengukuran antropometri 15,00±0,474 SD. Hasil analisis bivariat diperoleh perebedaan yang signifikan mengenai tingkat pengetahuan pencegahan stunting (p-value= 0,001) dan pengukuran antropometri (p-value= 0,001) begitu juga dengan praktik pencegahan stunting (p-value= 0,001) dan pengukuran antropometri (p-value= 0,001).
Simpulan : Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan dan praktik kader dalam pendampingan pos satelit sehingga pelatihan pencegahan stunting efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik kader pos satelit sebagai upaya pencegahan stunting.

Kata kunci : Antropometri , Pos Satelit, Pengetahuan , Praktik , Stunting

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:57
Last Modified: 20 Dec 2023 01:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19057

Actions (login required)

View Item View Item