Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Relative Fat Mass (RFM) dengan Plantar Arch Index pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

KHOIRUNNISA, LATHIFAH and ADJI, RADEN MAS SOERJO (2023) Hubungan Antara Relative Fat Mass (RFM) dengan Plantar Arch Index pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
LATHIFAH KHOIRUNNISA-22010120130167-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (11kB)

Abstract

Latar belakang : Obesitas diketahui sebagai penyebab dan faktor risiko untuk berbagai penyakit, termasuk risiko kelainan anatomis seperti flat feet atau pes planus. Kondisi ini berkaitan dengan struktur arcus pedis, yang merupakan elemen penting dalam biomekanika dan muskuloskeletal pada kaki. Relative Fat Mass (RFM) adalah parameter yang digunakan untuk memperkirakan persentase lemak tubuh keseluruhan seseorang. Sementara itu, Plantar Arch Index adalah metode pengukuran yang digunakan untuk mengevaluasi arcus longitudinalis medialis pada kaki.
Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara Relative Fat Mass (RFM) dengan plantar arch index pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Metode : Jenis penelitian yang digunakan pada artikel ini adalah observasional analitik dengan desain belah lintang (cross-sectional). Pemilihan sampel menggunakan metode simple random sampling pada 30 mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Data primer diperoleh melalui pengukuran tinggi badan, lingkar pinggang, dan foot print subjek. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics.
Hasil : Dalam uji korelasi Spearman, hubungan antara Relative Fat Mass dan Plantar Arch Index dextra memiliki nilai p sebesar 0,097 (p > 0,05) dengan r=0,309 dan Plantar Arch Index sinistra memiliki nilai p sebesar 0,061 (p > 0,05) dengan r=0,346. Hasil ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan secara statistik antara Relative Fat Mass (RFM) dan Plantar Arch Index (PAI).
Kesimpulan : Tidak ada hubungan yang signifikan secara statistik antara RFM dan PAI pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Kata Kunci : Relative Fat Mass, Plantar Arch Index, Obesitas, Flat Feet, Pes Planus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Relative Fat Mass, Plantar Arch Index, Obesitas, Flat Feet, Pes Planus
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:01
Last Modified: 20 Dec 2023 02:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19035

Actions (login required)

View Item View Item