Search for collections on Undip Repository

UJI TOKSISITAS SUBKRONIK EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG KAYU MANIS (Cinnamomum burmannii) PADA MENCIT (Mus musculus) STRAIN BALB/C

Astrid, Ester Theomonica and Wulandari, Fitri and Dini, Intan Rahmania Eka (2023) UJI TOKSISITAS SUBKRONIK EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG KAYU MANIS (Cinnamomum burmannii) PADA MENCIT (Mus musculus) STRAIN BALB/C. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ESTER THEOMONICA ASTRID-22010319130044-KTI-ABSTRAK)
ESTER THEOMONICA ASTRID-22010319130044-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (89kB)

Abstract

Latar Belakang: Kulit batang kayu manis efektif sebagai antidiabetik, hepatoprotektor, dan antidislipidemia pada dosis tertentu. Penggunaan dosis dan jangka waktu tidak tepat dapat menimbulkan efek negatif. Data keamanan ekstrak etanol kulit batang kayu manis belum diketahui, sehingga dilakukan uji toksisitas subkronik untuk mengetahui dosis yang tidak menimbulkan ketoksikan dan mendeteksi efek setelah pemberian berulang.

Tujuan: Mengetahui adanya efek toksik (diare), faktor biokimia klinis (SGPT dan kreatinin), serta gambaran histopatologi organ hati mencit setelah pemberian ekstrak etanol kulit batang kayu manis.

Metode: Penelitian eksperimental dengan 50 mencit yang dibagi 5 kelompok (normal, kontrol negatif, perlakuan dosis 100, 300, dan 500 mg/kgBB). Uji dilaksanakan 28 hari dengan pemberian peroral untuk pengamatan diare, SGPT dan kreatinin dari serum darah, serta histopatologi organ hati.

Hasil: Terdapat peningkatan frekuensi defekasi dan bobot feses dibandingkan kelompok normal, namun konsistensi feses padat. Tidak terdapat peningkatan kadar SGPT maupun kreatinin yang mengindikasikan ketoksikan. Histopatologi hati menunjukkan degenerasi hidropik pada dosis ≥300 mg/kgBB sebagai respon awal cedera sel.

Kesimpulan: Ekstrak etanol kulit batang kayu manis menunjukkan ketoksikan lokal berupa diare, namun tidak toksik secara sistemik. Terdeteksi respon awal ketoksikan di organ hati pada dosis ≥300 mg/kgBB yang bersifat reversibel.

Kata kunci: Cinnamomum burmannii, toksisitas subkronik, diare, SGPT, kreatinin, histopatologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cinnamomum burmannii, toksisitas subkronik, diare, SGPT, kreatinin, histopatologi
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Dec 2023 06:47
Last Modified: 20 Dec 2023 06:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19033

Actions (login required)

View Item View Item