Search for collections on Undip Repository

Perbandingan Skor Memori Jangka Pendek pada Atlet Usia Remaja Cabang Olahraga Bola Basket dan Cabang Olahraga Bola Voli

Nariswari, Anindya Syifa and Supatmo, Yuswo and Adyaksa, Gana and Kumaidah, Endang (2023) Perbandingan Skor Memori Jangka Pendek pada Atlet Usia Remaja Cabang Olahraga Bola Basket dan Cabang Olahraga Bola Voli. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak KTI_Anindya Syifa Nariswari)
Abstrak KTI_Anindya Syifa Nariswari.pdf

Download (67kB)

Abstract

Latar Belakang: Rutinitas latihan olahraga pada atlet dikaitkan dengan peningkatan fungsi neurologis, termasuk memori jangka pendek. Memori jangka pendek merupakan komponen kognitif yang diperlukan atlet dalam proses penalaran, perencanaan, dan respon memilih dengan waktu yang singkat saat pertandingan. Cabang olahraga bola basket dan bola voli memiliki beberapa persamaan dan perbedaan karakteristik permainan yang dapat memengaruhi memori jangka pendek.
Tujuan: Mengetahui perbandingan skor memori jangka pendek pada atlet usia remaja cabang olahraga permainan bola basket dan cabang olahraga permainan bola voli.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain studi belah lintang (cross sectional). Pengelompokan sampel penelitian dilakukan dengan metode total sampling pada seluruh atlet cabang olahraga bola basket dan bola voli di BPPLOP Provinsi Jawa Tengah sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Pengukuran skor memori jangka pendek pada 36 subjek dilakukan melalui Scenery Picture Memory Test (SPMT). Analisa statistik dilakukan menggunakan uji Saphiro-Wilk dan uji t-tidak berpasangan yang disajikan dalam tabel.
Hasil: Hasil skor memori jangka pendek seluruh subjek penelitian bernilai baik (skor SPMT ≥12). Rerata skor memori jangka pendek atlet laki-laki bola basket adalah 19,00 ± 3,05, atlet laki-laki bola voli 16,38 ± 3,17, dan atlet perempuan bola voli 18,69 ± 1,97. Hasil uji t-tak berpasangan antara skor memori jangka pendek atlet laki-laki pada cabang olahraga bola basket dan cabang olahraga bola voli didapatkan hasil tidak ada perbedaan bermakna (p=0,06). Hasil perbandingan skor memori jangka pendek pada atlet laki-laki dan atlet perempuan cabang olahraga bola voli didapatkan hasil adanya perbedaan bermakna (p=0,036).
Kesimpulan: Terdapat perbedaan rerata skor memori jangka pendek pada atlet laki-laki usia remaja cabang olahraga bola basket dan cabang olahraga bola voli, tetapi tidak terdapat perbedaan bermakna menurut uji statistik.

Kata Kunci: Memori jangka pendek, olahraga bola basket, olahraga bola voli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Dec 2023 06:48
Last Modified: 20 Dec 2023 06:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19028

Actions (login required)

View Item View Item