Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Anemia Defisiensi Besi Dengan Kecerdasan Emosi dan Gangguan Emosi Perilaku Pada Remaja

Widodo, Fajar Taufiq and Nency, Yetty Movieta and Rahmadi, Farid Agung (2023) Hubungan Antara Anemia Defisiensi Besi Dengan Kecerdasan Emosi dan Gangguan Emosi Perilaku Pada Remaja. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Tesis Pengajuan PPDA IKA)
Tesis Sp.A Fajar Taufiq Widodo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang Di sebagian besar negara berkembang pencegahan anemia defisiensi besi (ADB) masih dititik beratkan pada bayi, anak dan wanita hamil, sehingga tingginya kejadian anemia pada remaja terus berlanjut. Pada usia remaja, pertumbuhan pesat terjadi, mengakibatkan meningkatnya kebutuhan berbagai nutrisi dan mineral penting yang rentan untuk terjadinya ADB. Penelitian untuk menganalisa dampak ADB dan defisiensi zat besi terhadap emosi dan perilaku pada remaja
Tujuan Untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dan gangguan emosi perilaku pada remaja terhadap defisiensi besi dan ADB.
Metode Penelitian Cross sectional dengan 200 subyek usia 13-16 tahun yang tinggal di kota semarang. Karakteristik subyek yang diteliti adalah jenis kelamin, usia, status gizi, status ekonomi, serum iron, TIBC, pola asuh, faktor lingkungan, kecerdasan emosi USMEQ-i dan gangguan emosi perilaku PSC-17. Dilakukan analisa menggunakan uji chi square, dikatakan signifikan bila p<0,05.
Hasil Usia, jenis kelamin, status gizi, status ekonomi, anemia dan ADB tidak berhubungan dengan kejadian gangguan emosi perilaku. Defisiensi besi, pola asuh dan lingkungan berpengaruh terhadap kejadian gangguan emosi perilaku. Terhadap hasil skrining gangguan emosi perilaku PSC-17 diperoleh remaja dengan defisiensi besi risiko prevalensi 1,67 kali, pola asuh non-demokratis risiko prevalensi 2,09 kali, adanya masalah keluarga dan sekolah dengan resiko prevalensi 2,3 kali.
Kesimpulan Kejadian Gangguan Emosi dan Perilaku pada remaja lebih sering didapatkan pada remaja defisiensi besi, pola asuh non demokratis, dengan masalah di lingkungan keluarga dan sekolah
Kata kunci Anemia defisiensi besi, Remaja, keserdasan emosi, Gangguan emosi perilaku.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:52
Last Modified: 20 Dec 2023 01:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19018

Actions (login required)

View Item View Item