Search for collections on Undip Repository

Tingkat Keberhasilan Penusukan Arteri Radialis dengan Teknik Modifikasi Balbay Maneuver

Muliati, Suri and Arifin, Johan and CAHYADI, BONDAN IRTANI (2023) Tingkat Keberhasilan Penusukan Arteri Radialis dengan Teknik Modifikasi Balbay Maneuver. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (SURI MULIATI-22041019320026-TESIS-ABSTRAK)
SURI MULIATI-22041019320026-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (11kB)

Abstract

Latar Belakang: Salah satu jenis akses vaskuler perifer yakni kanulasi arteri dapat digunakan untuk pemantauan tekanan darah secara berkelanjutan dan juga untuk mendapatkan sampel darah. Kanulasi arteri transradial ditemukan efektif karena tingkat komplikasi yang rendah, biaya yang lebih sedikit, dan mobilisasi lebih dini. Namun, pemasangannya terkadang menimbulkan tantangan dan kesulitan. Salah satu modifikasi yang dikembangkan untuk memudahkan pemasangan akses arteri adalah dengan pemanasan lokasi pemasangan melalui teknik modifikasi manuver Balbay.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat keberhasilan penusukan arteri radialis dengan teknik modifikasi manuver Balbay dibandingkan dengan teknik palpasi.
Metode: Studi eksperimental acak terkontrol melibatkan pasien yang menjalani operasi elektif yang memerlukan pemasangan akses arteri perifer. Subjek penelitian secara acak dikelompokan ke dalam kelompok teknik modifikasi manuver Balbay dan teknik palpasi. Efek vasodilatasi dari modifikasi manuver Balbay dinilai berdasarkan perbedaan diameter dan pulsasi arteri sebelum dan sesudah intervensi. Tingkat keberhasilan dinilai berdasarkan waktu dan jumlah percobaan penusukan. Hasil dianggap signifikan pada nilai p < 0,05.
Hasil: 46 pasien secara acak dialokasikan ke dalam tiap kelompok. Distribusi jenis kelamin, rerata usia, indeks massa tubuh, dan kedalaman arteri radialis kedua kelompok ditemukan serupa. Manuver Balbay secara signifikan meningkatkan diameter dan pulsasi arteri radialis (p<0,05). Lama penusukan secara signifikan lebih singkat pada kelompok manuver Balbay dibandingkan dengan palpasi (10,39 ± 11,92 vs 70,52 ± 30,5 detik; p<0,001). Jumlah penusukan yang dilakukan oleh operator dengan manuver Balbay secara signifikan lebih sedikit dibandingkan dengan palpasi (1,26 ± 0,44 vs 2,04 ± 0,76 penusukan; p<0,001).
Kesimpulan: Teknik modifikasi manuver Balbay terbukti menghasilkan vasodilatasi pada arteri radialis. Tingkat keberhasilan penusukan arteri radialis secara signifikan lebih tinggi pada penggunaan teknik modifikasi manuver Balbay dibandingkan dengan teknik palpasi.

Kata kunci: Arteri radialis, modifikasi manuver Balbay, palpasi, diameter, pulsasi, tingkat keberhasilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Arteri radialis, modifikasi manuver Balbay, palpasi, diameter, pulsasi, tingkat keberhasilan
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Dec 2023 06:52
Last Modified: 20 Dec 2023 06:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19015

Actions (login required)

View Item View Item