Search for collections on Undip Repository

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Produktivitas Kerja pada Pekerja di Pabrik Pewarnaan Jeans

Adliah, Fadiah and Widyastuti, Nurmasari and Marfu’ah Kurniawati, Dewi and Syauqy, Ahmad Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Produktivitas Kerja pada Pekerja di Pabrik Pewarnaan Jeans. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Image
Abstrak-Fadiah Adliah foto.jpg

Download (739kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Penurunan produktivitas kerja pada pekerja yang terjadi terus menerus dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Faktor-faktor yang dapat berhubungan dengan produktivitas kerja, diantaranya adalah faktor asupan makan, status gizi, usia, masa kerja, upah dan kesehatan mental.
Tujuan : Mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan produktivitas kerja pada pekerja di pabrik pewarnaan jeans.
Metode : Penelitian cross sectional dilakukan di pabrik pewarnaan jeans Family Laundry, Jakarta Barat, melibatkan 43 pekerja bagian produksi. Data asupan gizi makronutrien diperoleh dari wawancara food recall 3x24 hours, status gizi dihitung dengan metode indeks massa tubuh (IMT). Usia, masa kerja, dan upah didapatkan dari wawancara langsung. Kesehatan mental emosional diukur dari wawancara menggunakan kuesioner SRQ 20 (Self Reporting Questionnaire) dan data produktivitas kerja didapatkan dari jumlah output per pekerja per jam. Analisis data menggunakan uji korelasi rank spearman, dan uji regresi linier berganda.
Hasil :Terdapat hubungan asupan energi (p = 0,001, β = 0,009), usia (p = 0,036, β = 0,227), masa kerja (p = 0,005, β = 0,873), dan kesehatan mental emosional (p = 0,024, β = -0,861) dengan produktivitas kerja, dan tidak terdapat hubungan antara asupan karbohidrat, asupan protein, asupan lemak, status gizi, usia, dan upah dengan produktivitas kerja. Analisis multivariat ditemukan terdapat pengaruh asupan energi, usia, masa kerja, dan kesehatan mental emosional secara bersama-sama dengan produktivitas kerja sebesar 45,1%.
Simpulan : Asupan energi, usia, masa kerja dan kesehatan mental emosional secara stimultan berpengaruh terhadap produktivitas kerja sebesar 45,1%. Asupan energi, usia dan masa kerja berpengaruh positif atau searah dengan produktivitas kerja, sedangkan kesehatan mental emosional berpengaruh nagatif atau berlawanan arah dengan produktivitas kerja. Variabel yang paling berpengaruh terhadap produktivitas kerja adalah masa kerja.
Kata Kunci : Produktivitas kerja, kesehatan, usia, masa kerja, upah

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:25
Last Modified: 19 Dec 2023 07:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19004

Actions (login required)

View Item View Item