Search for collections on Undip Repository

Faktor Risiko terjadinya Stunting pada Baduta di Daerah Rob Kota Semarang

Mahardilla, Allosepha and Nuryanto, Nuryanto and Marfu’ah Kurniawati, Dewi Faktor Risiko terjadinya Stunting pada Baduta di Daerah Rob Kota Semarang. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Image
Abstrak-Allosepha Mahardilla_page-0001.jpg

Download (423kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Daerah rob berisiko tinggi ditemukan kasus stunting. Penelitian terkait faktor risiko stunting di daerah rob belum banyak dilakukan.
Tujuan : Mengetahui faktor risiko penyebab terjadinya stunting pada baduta di daerah rob Kota Semarang
Metode : Penelitian case control pada 60 anak stunting dan tidak stunting usia 6-24 bulan di wilayah Semarang Utara dengan uji statistika chi square. Variabel yang diteliti meliputi variabel panjang dan berat lahir, ASI eksklusif, riwayat imunisasi, riwayat infeksi saluran pernafasan akut, status ekonomi keluarga, higiene sanitasi, pendidikan dan pengetahuan gizi ibu, asupan energi, protein, karbohidrat, lemak dan zinc
Hasil : Status ekonomi keluarga rendah berisiko 3,6 kali menyebabkan stunting dibanding pada baduta dengan status ekonomi keluarga cukup. Riwayat infeksi saluran pernafasan akut 6 kali berisiko menyebabkan stunting dibanding pada baduta tanpa riwayat infeksi saluran pernafasan akut. Analisis regresi menunjukkan bahwa faktor risiko yang dominan untuk stunting adalah status ekonomi keluarga.
Simpulan : Faktor risiko stunting pada baduta di daerah rob Kota Semarang adalah status ekonomi keluarga dan riwayat infeksi saluran pernafasan akut. Status ekonomi keluarga merupakan faktor risiko yang paling dominan dengan kejadian stunting.
Kata Kunci : faktor risiko, stunting, daerah rob, status ekonomi keluarga, infeksi saluran pernafasan akut

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:09
Last Modified: 19 Dec 2023 07:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18998

Actions (login required)

View Item View Item