Search for collections on Undip Repository

Hubungan Pengalaman dan Dampak Psikologis Fenomena Sexual Harassment pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Federova, Faracella Bibi Ariqoh and Adespin, Dea Amarilisa and Julianti, Hari Peni and Sarjana, Widodo (2023) Hubungan Pengalaman dan Dampak Psikologis Fenomena Sexual Harassment pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (10kB)

Abstract

Latar Belakang: Kasus sexual harassment semakin marak berkembang menjadi suatu fenomena sosial. Sexual harassment dapat dialami oleh siapa saja termasuk pada mahasiswa. Fenomena sexual harassment dapat menimbulkan dampak psikologis bagi korbannya, baik dampak dalam jangka pendek maupun dampak dalam jangka panjang. Tujuan: Menganalisis hubungan pengalaman dan dampak psikologis fenomena sexual harassment pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Metode: Penelitian deskriptif analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan sampel mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro angkatan 2020 - 2022. Uji statistik yang digunakan untuk analisis bivariat pada penlitian ini adalah uji Chi Square untuk mengetahui hubungan antara pengalaman sexual harassment pada mahasiswa dan dampak psikologisnya. Hasil: Hasil uji Chi square didapatkan hasil bahwa pengalaman memiliki hubungan yang bermakna dengan kejadian dampak psikologis fenomena sexual harassment pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro dengan Nilai p sebesar 0,013 (<0,05). Kesimpulan: Mahasiswa yang mengalami kejadian sexual harassment berisiko mendapatkan dampak psikologis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelecehan seksual, Mahasiswa, Dampak psikologis
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 21 Dec 2023 06:37
Last Modified: 21 Dec 2023 06:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18994

Actions (login required)

View Item View Item