Search for collections on Undip Repository

Komparasi Efektivitas Masker Kombinasi Ekstrak Nephrolepis Exaltata Dan Hibiscus Rosa Sinensi Dengan Masker KN95® Terhadap Kadar Immunoglobulin A Pegawai Laboratorium PMI Kota Semarang

Sutanto, Ivan Harly and Istiadi, Hermawan and Prasetyo, Awal and Rachmawati, Banundari (2023) Komparasi Efektivitas Masker Kombinasi Ekstrak Nephrolepis Exaltata Dan Hibiscus Rosa Sinensi Dengan Masker KN95® Terhadap Kadar Immunoglobulin A Pegawai Laboratorium PMI Kota Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
IVAN HARLY SUTANTO-22010120130131-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (43kB)

Abstract

Latar Belakang: Masker herbal Acchadana® terbuat dari kombinasi ekstrak Nephrolepis exaltata (paku pedang) dan Hibiscus rosa sinensis (bunga sepatu) dan berefek pada meningkatnya kadar IgA sinonasal pemakainya dimana hal ini kurang lebih sama dengan kadar IgA sinonasal pemakai masker respirator KN95®.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pada sistem imun sinonasal (kadar IgA) pemakai masker herbal Acchadana® dengan pemakai masker respirator KN95®.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain Post-test Randomized Control Trial. Subjek yang digunakan adalah Pegawai Laboratorium PMI Kota Semarang. Data primer berupa nilai IgA yang diperoleh dari cairan nasal wash yang diuji dengan ELISA. Uji analisis statistik yang digunakan adalah uji Mann-Whitney. Nilai Sig>0,05 menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan.
Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata kadar IgA antara pengguna masker herbal Acchadana® dan KN95®. Rata-rata kadar IgA pada masker Acchadana® adalah 486,16, sedangkan rata-rata kadar IgA pada masker KN95® adalah 524,95.
Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan signifikan pada rata-rata kadar IgA antara pengguna masker herbal Acchadana® dan KN95®. Hal ini terlihat dari efisiensi penyaringan dan perlindungan yang setara terhadap patogen dan partikel udara pada kedua masker tersebut sehingga berpotensi untuk mempengaruhi kadar IgA pada sistem pernapasan.
Kata kunci: Kadar IgA, Masker herbal Acchadana®, Masker KN95®

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kadar IgA, Masker herbal Acchadana®, Masker KN95®
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:05
Last Modified: 19 Dec 2023 07:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18993

Actions (login required)

View Item View Item