Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Pemberian Serum Herbal Nanogold Terhadap Ketebalan Epidermis Kulit Mencit BALB/C Yang Diinduksi Radiasi Ultraviolet

Andriana, Muhammad Rafi Putra and Muniroh, Muflihatul and Kusumaningrum, Novi and Istiadi, Hermawan (2023) Pengaruh Pemberian Serum Herbal Nanogold Terhadap Ketebalan Epidermis Kulit Mencit BALB/C Yang Diinduksi Radiasi Ultraviolet. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (10kB)

Abstract

Latar Belakang : Matahari memancarkan radiasi Ultraviolet (UV) yang dapat berbahaya bagi kulit jika terpapar dalam jangka panjang. Serum herbal memiliki fungsi sebagai anti inflamasi dan memberikan perlindungan terhadap epidermis kulit. Kandungan nanogold yang ditambahkan ke dalam serum herbal berperan sebagai antioksidan melindungi epidermis kulit dari kerusakan akibat Reactive Oxydative Spesies (ROS).
Tujuan : Menganalisis efek pemberian serum herbal nanogold terhadap ketebalan epidermis kulit mencit Balb/c yang diinduksi radiasi sinar UV.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian true experimental dengan desain pre and post test control grup design dan post test only control group design pada tikus. Perlakuan yang diberikan yaitu dengan mengkondisikan mencit terpapar radiasi dengan pemberian radiasi UV 3 kali seminggu selama 6 minggu lalu dioleskan serum herbal nanogold dosis 5 dan 10 ppm, sedangkan keluarannya adalah gambaran ketebalan epidermis kulit mencit.
Hasil : Perbedaan bermakna pada kelompok K+ dengan P1 (serum herbal) dan P3 (serum herbal nanogold 10 ppm). Kelompok K+ memiliki epidermis yang lebih tipis dibandingkan P1 dan P3. Tebal epidermis pada P3 mendekati keadaan pada K- yang menunjukkan efek perlindungan dari serum herbal nanogold.
Kesimpulan : Terdapat efek pemberian serum herbal nanogold terhadap ketebalan epidermis kulit mencit Balb/c yang dibuktikan dengan perbedaan ketebalan epidermis antar kelompok.
Kata Kunci : Radiasi UV, Epidermis, Serum Herbal, Nanogold

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Radiasi UV, Epidermis, Serum Herbal, Nanogold
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:46
Last Modified: 19 Dec 2023 05:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18991

Actions (login required)

View Item View Item