Search for collections on Undip Repository

EVALUASI PROGRAM BANGGA KENCANA (PEMBANGUNAN KELUARGA KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA) DALAM MENEKAN ANGKA UNMET NEED DI KECAMATAN PRINGAPUS

FEBRIAN, NAUFAL (2023) EVALUASI PROGRAM BANGGA KENCANA (PEMBANGUNAN KELUARGA KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA) DALAM MENEKAN ANGKA UNMET NEED DI KECAMATAN PRINGAPUS. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO NAUFAL FEBRIAN.pdf - Published Version

Download (479kB)

Abstract

Program Keluarga Berencana ditetapkan berdasarkan Prioritas Pembangunan Nasional RPJMN 2020-2024, yang salah satunya adalah menargetkan kebutuhan KB yang tidak tercukupi (unmet need) menjadi 8,6% di tahun 2020 dan 7,4% di tahun 2024. Kecamatan Pringapus sebagai salah satu wilayah di Kabupaten Semarang masih memiliki angka kebutuhan KB yang cukup tinggi dan belum memenuhi target Prioritas Pembangunan Nasional. Program KB dibentuk sebagai program nasional yang bertujuan dalam mengatur kelahiran, yang dikembangkan melalui BANGGA KENCANA (Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana). Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi pencapaian BANGGA KENCANA dalam menekan angka Unmet Need di Kecamatan Pringapus, dengan variabel penelitian meliputi kriteria efektivitas, efisiensi, kecukupan, ekuitas, responsivitas, dan ketepatan program dalam menurunkan angka unmet need. Subjek penelitian terdiri dari dua informan utama dan tiga informan triangulasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian didapatkan jika pada kriteria efektivitas, program BANGGA KENCANA sudah mampu meningkatkan peserta aktif KB, namun masih belum maksimal. Program BANGGA KENCANA berjalan baik pada kriteria ekuitas, responsivitas, dan ketepatan, yang ditunjukkan dengan baiknya pemerataan program, komitmen dalam memuaskan masyarakat, dan nilai program yang tepat. Sedang untuk kriteria efisiensi dan kecukupan masih perlu diperhatikan, yang ditunjukkan dari adanya permasalahan terkait sumber daya manusia dan sarana prasarana, serta belum cukupnya program dalam memaksimalkan peningkatan peserta aktif KB.
Kata kunci: Evaluasi, BANGGA KENCANA, Unmet Need

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 19 Dec 2023 00:44
Last Modified: 19 Dec 2023 00:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18970

Actions (login required)

View Item View Item