Search for collections on Undip Repository

Hubungan Hasil Pemeriksaan Serologi Anti-Dengue terhadap Derajat Keparahan Infeksi Dengue

Havel, Ifra Imara and Hadi, Purnomo and Hapsari, Rebriarina and FIRMANTI, STEFANI CANDRA (2023) Hubungan Hasil Pemeriksaan Serologi Anti-Dengue terhadap Derajat Keparahan Infeksi Dengue. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (IFRA IMARA HAVEL-22010120130172-KTI-ABSTRAK)
IFRA IMARA HAVEL-22010120130172-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (10kB)

Abstract

Latar Belakang: Infeksi Dengue adalah infeksi yang disebabkan oleh virus Dengue (DENV) yang ditularkan vektor nyamuk aedes. Infeksi Dengue dapat menyebabkan demam Dengue (DD), demam berdarah Dengue (DBD), dan Dengue shock syndrome (DSS). Infeksi Dengue terbagi menjadi dua jenis, yaitu infeksi primer yang ditandai dengan peningkatan IgM terlebih dahulau dan infeksi sekunder yang ditandai dengan IgM menurun dan IgG meningkat sangat cepat. Manifestasi klinis berbeda untuk kedua jenis infeksi dan memengaruhi tingkat keparahan infeksi Dengue.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara pemeriksaan serologi anti-Dengue dengan derajat keparahan infeksi Dengue.
Metode: Penelitian deskriptif analitik secara retrospektif menggunakan data pasien infeksi Dengue tahun 2021-2022 dari rekam medis RSD KRMT Wongsonegoro. Sampel sebanyak 160 diambil dengan metode simple random sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data dilakukan dengan uji Chi-Square dan Fisher Exact.
Hasil: Terdapat hubungan yang signifikan antara profil serologi IgM (+), IgG (+), IgM (-) IgG (-), dan IgM (+) IgG (+) terhadap derajat keparahan infeksi Dengue dengan masing-masing P values: p<0,001, p = 0,011, p = 0,015, dan p<0,001. Pasien dengan IgM (+) memiliki risiko 4 kali lebih tinggi mengalami severe Dengue, sedangkan pasien dengan IgG (+) memiliki risiko 7 kali lebih tinggi dibandingkan dengan IgM(-) dan/atau IgG (-). Kombinasi serologi IgM (+) dan IgG (+) juga meningkatkan risiko keparahan Dengue sebesar 5 kali.
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara pemeriksaan serologi terhadap derajat keparahan infeksi Dengue. Profil serologi IgM (+) dan/atau IgG (+) menunjukkan kecenderungan untuk mengarah ke severe Dengue.
Kata Kunci: infeksi Dengue, profil serologi, derajat keparahan Dengue

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: infeksi Dengue, profil serologi, derajat keparahan Dengue
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:38
Last Modified: 19 Dec 2023 07:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18964

Actions (login required)

View Item View Item