Search for collections on Undip Repository

Gambaran Program Penanganan Stunting Pada Balita Usia 0-59 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo Kota Semarang

Martanti, Anggita and Probosari, Enny and Nugraheni, Arwinda and Murbawani, Etisa Adi (2023) Gambaran Program Penanganan Stunting Pada Balita Usia 0-59 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo Kota Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ANGGITA MARTANTI-22010120130199-KTI-ABSTRAK)
ANGGITA MARTANTI-22010120130199-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (97kB)

Abstract

Latar Belakang: Stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak yang terjadi pada 1000 HPK akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang. Kelurahan Bandarharjo sebagai penyumbang angka stunting terbanyak memiliki program penanganan stunting yaitu PMT dan posyandu balita.
Tujuan: Mengetahui gambaran program penanganan stunting pada balita usia 0-59 bulan di wilayah kerja Puskesmas Bandarharjo Kota Semarang.
Metode: Mix-method dengan penelitian kuantitatif menggunakan metode cross-sectional dan kualitatif yang dianalisis menggunakan teknik Content Analysis. Informan terdiri dari 3 informan utama dan 42 informan triangulasi. Data penelitian didapat dari hasil wawancara dan data balita stunting tahun 2022 di wilayah kerja Puskesmas Bandarharjo Kota Semarang.
Hasil: Pada program PMT, kendala pada proses adalah balita tidak cocok dengan menu PMT, balita tidak berada di rumah, kurangnya pengetahuan ibu, dan tidak sesuainya menu PMT yang disediakan. Pada aspek lingkungan, penyebab stunting adalah lingkungan kumuh dan miskin, pemukiman padat, tingkat ekonomi rendah, kepercayaan dalam masyarakat, dan cakupan imunisasi yang kurang. Output PMT adalah lebih dari setengah balita stunting mengalami perbaikan gizi dan peningkatan tinggi badan. Untuk posyandu balita, kendala pada aspek input adalah jumlah tenaga medis terbatas, kurangnya dana transport, dan sarana prasarana yang belum memadai. Pada proses, sering terjadi perubahan jadwal kegiatan dan kurangnya kemampuan beberapa kader dalam melakukan pengukuran. Capaiannya adalah tingat kehadiran balita masih dibawah target minimal.
Kesimpulan: Program penanganan stunting di wilayah kerja Puskesmas Bandarharjo berjalan baik, tepat sasaran, dan berhasil menurunkan angka stunting sebanyak 20% pada tahun 2022. Saat ini, upaya optimalisasi program terus dilakukan untuk mencapai penurunan angka stunting yang lebih signifikan.

Kata Kunci: gambaran program, balita, stunting

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: gambaran program, balita, stunting
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:34
Last Modified: 19 Dec 2023 01:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18960

Actions (login required)

View Item View Item