Search for collections on Undip Repository

Efektivitas Promosi Kesehatan dengan Metode Ceramah Dibandingkan dengan Media Video terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil tentang Skrining serta Rujukan Preeklampsia Berdasarkan Buku Kesehatan Ibu dan Anak

Auretta, Mega Dewi and Wiyati, Putri Sekar and Saktini, Fanti (2023) Efektivitas Promosi Kesehatan dengan Metode Ceramah Dibandingkan dengan Media Video terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil tentang Skrining serta Rujukan Preeklampsia Berdasarkan Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (MEGA DEWI AURETTA-22010120120026-KTI-ABSTRAK)
MEGA DEWI AURETTA-22010120120026-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (67kB)

Abstract

Latar belakang: Angka Kematian Ibu di Indonesia mencapai 189 per 100.000 kelahiran hidup, belum mencapai target SDGs yaitu 70 per 100.000 kelahiran hidup. Rendahnya pengetahuan ibu hamil tentang preeklampsia menjadi salah satu penyebab tingginya AKI di Indonesia.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas promosi kesehatan dengan metode ceramah dibandingkan dengan media video terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pada ibu hamil tentang skrining serta rujukan preeklampsia.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan rancangan non equivalent two groups design dan pendekatan cross sectional. Analisis statistik menggunakan uji T-Test, Mann Whitney, Wilcoxon, serta Chi Square.
Hasil: Sebanyak 34 responden mengikuti penelitian ini hingga selesai. Hasil perbedaan pengetahuan berbeda secara signifikan pada kelompok metode ceramah (p=0,000) maupun media video (p=0,000) dengan selisih nilai pretest-posttest kelompok ceramah lebih tinggi dari kelompok media video serta terdapat perbedaan yang signifikan (p=0,004). Hasil perbedaan sikap tidak berbeda secara signifikan pada kelompok ceramah (p=1,000) maupun media video (p=0,317).
Simpulan: Promosi kesehatan dengan metode ceramah dan media video efektif meningkatkan pengetahuan ibu hamil namun tidak pada sikap ibu hamil karena sebelum diberikan promosi kesehatan telah didapatkan sikap yang positif pada ibu hamil. Promosi kesehatan metode ceramah lebih efektif dibandingkan media video.
Kata kunci : Edukasi, Video, Ibu Hamil, Preeklampsia, Pengetahuan, Sikap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Edukasi, Video, Ibu Hamil, Preeklampsia, Pengetahuan, Sikap
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:55
Last Modified: 20 Dec 2023 01:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18957

Actions (login required)

View Item View Item