Search for collections on Undip Repository

Perbedaan Skor Depresi, Stres, dan Kecemasan pada Mahasiswa Kedokteran Tingkat Awal dengan Tingkat Akhir Universitas Diponegoro

Andina, Naufadilla and Adespin, Dea Amarilisa and Julianti, Hari Peni (2023) Perbedaan Skor Depresi, Stres, dan Kecemasan pada Mahasiswa Kedokteran Tingkat Awal dengan Tingkat Akhir Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
KTI Naufadilla Andina_22010120140168.pdf

Download (102kB)

Abstract

Latar belakang : Depresi, stres, dan kecemasan merupakan gangguan kesehatan mental yang rentan terjadi pada mahasiswa khususnya mahasiswa kedokteran. Mahasiswa kedokteran seringkali mengalami tekanan akademik dan tuntutan emosional yang tinggi. Hal ini dapat mengganggu perkuliahan dan kinerja kelak menjadi dokter.
Tujuan : Mengetahui perbedaan skor depresi, stres, dan kecemasan mahasiswa tingkat awal dengan tingkat akhir Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan desain penelitian belah lintang (cross-sectional). Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Subjek penelitian 143 mahasiswa kedokteran angkatan 2020 dan 2022. Instrumen yang digunakan adalah DASS-42. Data dianalisis menggunakan uji statistik Mann-Whitney.
Hasil : Berdasarkan uji Mann-Whitney, perbedaan skor depresi, stres, dan kecemasan didapatkan nilai p-value >0.05 sehingga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna antara skor depresi, stres, dan kecemasan mahasiswa kedokteran tingkat awal dengan tingkat akhir Universitas Diponegoro.
Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara skor depresi, stres, dan kecemasan mahasiswa kedokteran tingkat awal dengan tingkat akhir Universitas Diponegoro.
Kata Kunci : Depresi, Stres, Kecemasan, Gangguan Mental, Mahasiswa Kedokteran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Depresi, Stres, Kecemasan, Gangguan Mental, Mahasiswa Kedokteran
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:19
Last Modified: 21 Dec 2023 01:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18953

Actions (login required)

View Item View Item