Search for collections on Undip Repository

Hubungan Status Gizi, Frekuensi Konsumsi Makanan Berisiko, Asupan Natrium, dan Asupan Lemak Jenuh dengan Tekanan Darah Wanita Pralansia di Kecamatan Madukara

Kusumaningrum, Ervina and Fithra Dieny, Diana and Sandi Wijayanti, Ayu and Adi Murbawani, Ninik Hubungan Status Gizi, Frekuensi Konsumsi Makanan Berisiko, Asupan Natrium, dan Asupan Lemak Jenuh dengan Tekanan Darah Wanita Pralansia di Kecamatan Madukara. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Image
Abstrak Artikel Ervina Kusumaningrum_page-0001.jpg

Download (594kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Wanita menopause lebih berisiko mengalami hipertensi. Status gizi kerap dihubungkan dengan hipertensi dari beberapa indikator yaitu indeks massa tubuh (IMT), lingkar pinggang (LP), dan rasio lingkar pinggang panggul (RLPP). Pola makan dewasa ini mengarah pada makanan berisiko yang dikhawatirkan melebihi kebutuhan asupan gizi. Penelitian bertujuan menganalisis hubungan status gizi, frekuensi konsumsi makanan berisiko, asupan natrium, dan asupan lemak jenuh dari makanan berisiko dengan tekanan darah wanita pralansia.

Metode : Desain penelitan adalah cross sectional pada wanita pralansia kecamatan Madukara yang dipilih dengan consecutive sampling. Pengukuran data berupa tekanan darah, data antropometri, dan asupan gizi. Analisis data bivariat dengan korelasi Pearson dan Rank Spearman, serta uji multivariat dengan uji regresi linear.

Hasil : Ditemukan prevalensi hipertensi 31,8%, gizi lebih 64,8%, dan konsumsi makanan berisiko dalam kategori sering. Uji bivariat menunjukkan IMT(r=0,210 p=0,049), LP(r=0,241 p=0,024), dan RLPP(r=0,286 p=0,007) berhubungan dengan tekanan darah sistolik. Terdapat hubungan LP(r=0,260 p=0,014) dan RLPP(r=0,309 p=0,003) dengan tekanan darah diastolik. Tidak terdapat hubungan konsumsi makanan berisiko, asupan natrium, dan lemak jenuh dengan tekanan darah. Uji multivariat menunjukkan bahwa RLPP merupakan variabel yang paling berhubungan.

Simpulan : IMT, LP, dan RLPP berhubungan dengan tekanan darah. Frekuensi konsumsi makanan berisiko, asupan natrium, dan asupan lemak jenuh tidak berhubungan dengan tekanan darah. RLPP menjadi variabel paling berpengaruh dengan tekanan darah.

Kata Kunci : status gizi, makanan berisiko, asupan natrium, asupan lemak jenuh, tekanan darah

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 18 Dec 2023 08:17
Last Modified: 18 Dec 2023 08:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18950

Actions (login required)

View Item View Item