Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PENGALAMAN BULLYING DENGAN TINGKAT KEJADIAN SOCIAL ANXIETY PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Rambey, Kayana Z K and Hadiati, Titis and Savitri, Soesmeyka and Fitrikasari, Alifiati (2023) HUBUNGAN PENGALAMAN BULLYING DENGAN TINGKAT KEJADIAN SOCIAL ANXIETY PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK_KAYANA ZAHRA KALLISTA RAMBEY.pdf

Download (76kB)

Abstract

Latar Belakang: Bullying merupakan suatu tindakan penggunaan kekuasaan untuk menyakiti seseorang. Jika terjadi berulang kali dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan yang lebih serius, salah satunya adalah social anxiety. Social anxiety didefinisikan sebagai ketakutan terhadap situasi sosial yang terjadi secara terus-menerus dan merupakan salah satu gangguan yang cukup umum terjadi di seluruh dunia.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara pengalaman bullying dengan tingkat kejadian social anxiety pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Metode: Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan desain cross sectional atau belah lintang. Sampel yang diambil sebanyak 59 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro dengan teknik accidental sampling. Pengukuran data dilakukan menggunakan kuesioner data demografi serta kuesioner dengan instrumen ukur The Revised Olweus Bully/Victim Questionnaire (OBVQ) dan Social Phobia Inventory (SPIN). Analisis data dengan uji Lambda dan uji Chi-square.
Hasil: Didapatkan 159 responden, seluruhnya dalam rentang usia dewasa muda, mayoritas berjenis kelamin perempuan, dan hampir seluruhnya memiliki orang tua berstatus kawin. Ditemukan 44 responden (27,7%) memiliki pengalaman bullying dan hampir seluruh korban mengalami social anxiety. Secara keseluruhan, didapatkan sebanyak 72 responden (45,3%) yang mengalami social anxiety.
Kesimpulan: Terdapat hubungan bermakna antara pengalaman bullying dengan tingkat kejadian social anxiety dengan korelasi lemah dan terdapat hubungan bermakna antara jenis kelamin dengan tingkat kejadian social anxiety dengan korelasi sangat lemah.
Kata Kunci: bullying, social anxiety.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:36
Last Modified: 19 Dec 2023 01:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18944

Actions (login required)

View Item View Item