Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN STATUS HIPERGLIKEMIA DENGAN GANGGUAN ASAM-BASA PADA PENDERITA COVID-19 KOMORBID DIABETES MELITUS DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG

Soekamto, Michael Angelo and Seno, Khristophorus Heri Nugroho Hario (2023) HUBUNGAN STATUS HIPERGLIKEMIA DENGAN GANGGUAN ASAM-BASA PADA PENDERITA COVID-19 KOMORBID DIABETES MELITUS DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Other (ABstrak - THESIS Michael Angelo Soekamto)
Abstrak Michael Angelo Soekamto - Hubungan hiperglikemia dengan perubahan asam-basa pasien DM dengan covid-19.pdf

Download (17kB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes Melitus merupakan komorbiditas yang paling sering dijumpai pada penelitian kasus COVID-19. Glukosa plasma dan diabetes terbukti dapat menjadi prediktor independent mortalitas dan morbiditas pada pasien SARS-CoV-2, pH asam diketahui juga dapat meningkatkan resiko kematian pada infeksi SARS-CoV-2. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya hubungan antara status hiperglikemia dengan gangguan asam-basa dan setiap tipe asidosis maupun alkalosis pada penderita COVID-19 komorbid DM di RSUP Dr. Kariadi Semarang.

Metode: Penelitian cross sectional pada pasien COVID-19 bagian dari penelitian payung COVID-19. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2020 hingga Juli 2021 melibatkan 85 pasien infeksi COVID-19 RT-PCR positif dengan komorbid DM yang memenuhi kriteria inklusi.

Hasil: Dari 85 sampel penelitian pasien dengan asidosis didapatkan lebih banyak pada sampel hiperglikemia (54,8%) dengan dominasi asidosis metabolik (38,1%), sedangkan pasien dengan alkalosis didapatkan lebih banyak pada sampel tidak hiperglikemia (51,2%) dengan dominasi alkalosis respiratorik (39,5%). Pada uji statistik tidak didapatkan hubungan signifikan status hiperglikemia dengan gangguan asam-basa (p=0,742), status hiperglikemia dengan tipe asidosis (p=0,612) atau tipe alkalosis (p=0,354), usia dengan status hiperglikemia (p=0,919) atau gangguan asam-basa (p=0,357).

Kesimpulan: Status Hiperglikemia tidak berhubungan dengan gangguan asam-basa maupun dengan setiap tipe asidosis dan tipe alkalosis. Kelompok asidosis dengan hiperglikemia didapatkan jumlah tertinggi pada asidosis metabolik, sedangkan kelompok alkalosis dengan hiperglikemia didapatkan jumlah tertinggi pada alkalosis respiratorik.

Kata kunci: COVID-19, Hiperglikemia, Diabetes Melitus, Asidosis, Alkalosis

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Hiperglikemia, Diabetes Melitus, Asidosis, Alkalosis
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:41
Last Modified: 20 Dec 2023 01:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18927

Actions (login required)

View Item View Item