Search for collections on Undip Repository

EVALUASI HASIL PEMBEDAHAN PADA PASIEN PEDIATRI DENGAN EPILEPSI LOBUS FRONTALIS YANG RESISTEN OBAT

Firdianingsih, Dian and Sareharto, Tun Paksi and Bakhtiar, Yuriz (2023) EVALUASI HASIL PEMBEDAHAN PADA PASIEN PEDIATRI DENGAN EPILEPSI LOBUS FRONTALIS YANG RESISTEN OBAT. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK KTI_DIAN FIRDIANINGSIH.pdf

Download (171kB)

Abstract

Latar belakang: Bedah epilepsi terbukti efektif dalam menurunkan frekuensi kejang epilepsi sehingga dapat memberikan pasien kualitas hidup yang lebih baik. Telah banyak penelitian yang dilakukan sebelumnya mengenai hasil bedah epilepsi, namun, di Indonesia tepatnya di pusat kesehatan kami belum diadakannya penelitian mengenai efektivitas bedah epilepsi pada pasien pediatri dengan epilepsi lobus frontalis (ELF). Tujuan: Mengetahui perbedaan frekuensi kejang sebelum bedah epilepsi dan setelah bedah epilepsi serta hasil bedah epilepsi dengan Klasifikasi Engel pada pasien pediatri dengan ELF. Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan desain belah lintang menggunakan data dari rekam medis yang dikumpulkan secara consecutive sampling. Variabel yang diteliti meliputi usia onset, usia saat operasi, durasi penyakit epilepsi, jumlah obat anti epilepsi (OAE) yang digunakan, dan prosedur bedah yang dilakukan, serta frekuensi kejang sebelum bedah dan pasca bedah epilepsi. Nilai perbedaan frekuensi kejang sebelum dan setelah bedah epilepsi diteliti secara statistik menggunakan uji Wilcoxon dengan nilai p bermakna apabila p<0,05. Hasil: Penelitian ini melibatkan 20 pasien pediatri dengan ELF yang melalui prosedur bedah epilepsi dan dilakukan follow-up pasca bedah epilepsi sekurangnya 1-2 tahun. Terdapat perbedaan yang bermakna pada frekuensi kejang pasien saat sebelum dan setelah bedah epilepsi (p<0,05), dan terdapat penurunan frekuensi kejang pada saat setelah bedah epilepsi.
Kesimpulan: Terdapat penurunan frekuensi kejang epilepsi pada pasien ELF yang resisten obat setelah bedah epilepsi dibandingkan dengan sebelum bedah epilepsi, dengan sebagian besar pasien menjadi bebas kejang (Engel I) dan mengalami perubahan yang bermakna setelah bedah epilepsi (Engel III).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Epilepsi pediatri, epilepsi lobus frontalis, bedah epilepsi, epilepsi resisten obat.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:40
Last Modified: 19 Dec 2023 03:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18921

Actions (login required)

View Item View Item