Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KONSUMSI BUAH TERHADAP STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR

Mumtaz, Hasna Umniya and Pratiwi, Rina and Probosari, Enny and Ardiaria, Martha (2023) HUBUNGAN KONSUMSI BUAH TERHADAP STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (95kB)

Abstract

Latar belakang: Status gizi dipengaruhi oleh asupan zat gizi makro dan mikro yang seimbang, hal tersebut akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Buah-buahan kaya kandungan vitamin. Penelitian ini akan mengungkapkan hubungan antara konsumsi buah terhadap status gizi anak sekolah dasar, yang diukur menggunakan antropometri dan instrumen 3-days food recall. Informasi ini penting untuk mengetahui konsumsi buah berdampak pada status gizi anak sekolah dasar.
Tujuan: Menjelaskan hubungan konsumsi buah terhadap status gizi pada anak sekolah dasar.
Metode: Penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan rancangan penelitian cross-sectional dan metode purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa usia 6-12 tahun SDN Pedalangan 02 Banyumanik yang memenuhi kriteria inklusi. Sampel diukur tinggi dan berat badannya kemudian orang tua sampe mengisi kuisioner 3-days food recall. Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan uji Fishser’s Exact.
Hasil: Rerata usia pasien adalah 8,81 tahun. Status gizi yang paling banyak ditemukan yaitu status gizi baik sebanyak 48 sampel (90,6%). Tidak ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara frekuensi konsumsi buah terhadap status gizi anak (p=0.643) dan jenis buah terhadap status gizi anak (p=465).
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara frekuensi konsumsi buah dan jenis buah terhadap status gizi anak.

Kata Kunci : Buah, Status Gizi, Anak Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buah, Status Gizi, Anak Sekolah Dasar
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:36
Last Modified: 18 Dec 2023 01:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18903

Actions (login required)

View Item View Item