Search for collections on Undip Repository

Perilaku Picky Eating Anak Usia 12-24 Bulan pada Anak Stunting dan Tidak Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo (Studi Kasus Kontrol)

Saputri, Shafira Anindita and Margawati, Ani and Probosari, Enny (2023) Perilaku Picky Eating Anak Usia 12-24 Bulan pada Anak Stunting dan Tidak Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo (Studi Kasus Kontrol). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
SHAFIRA ANINDITA SAPUTRI-22010120140235-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)

Abstract

Latar Belakang: Stunting menjadi salah satu permasalahan kesehatan di indonesia. Salah satu faktor penyebabnya adalah anak memilih-milih makanan atau sering disebut sebagai picky eating. Asupan yang tidak memadai menyebabkan lemahnya daya tahan tubuh hingga anak mudah terserang penyakit, ini menyebabkan nafsu makan menurun dan anak mengalami kurang gizi sehingga mengakibatkan anak terkena stunting.
Tujuan: Menganalisis perilaku picky eating anak usia 12-24 bulan pada anak stunting dan tidak stunting di wilayah kerja Puskesmas Bandarharjo.
Metode: Penelitian analitik observasional dengan menggunakan desain case control dengan kombinasi analisis kuantitatif dan kualitatif. Sampel yang digunakan yaitu ibu/pengasuh baduta usia 12-24 bulan di wilayah kerja Puskesmas Bandarharjo dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 25 untuk kelompok kasus dan 25 untuk kelompok kontrol dengan total sampel penelitian
adalah 50 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis univariate dan bivariate yang dijelaskan dengan nilai p<0,05 dianggap signifikan.
Hasil: Pada hasil dari uji Chi-square dihasilkan nilai p=0,154 dimana p>0,05. Hasil yang didapatkan menyatakan bahwa picky eating tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kejadian stunting.
Simpulan: Perilaku picky eating pada anak tidak memiliki hubungan yang signifikan atau tidak memengaruhi kejadian stunting pada anak usia 12-24 bulan.
Kata Kunci: stunting, picky eating, anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: stunting, picky eating, anak
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:52
Last Modified: 15 Jan 2024 07:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18902

Actions (login required)

View Item View Item