Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA SANTRI REMAJA DI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH AMTSILATI JEPARA

Nihla, Jazilatun and Desiningrum, Dinie Ratri (2023) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA SANTRI REMAJA DI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH AMTSILATI JEPARA. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa dimana individu mengalami fase pencarian identitas diri tidak terkecuali remaja yang tinggal di pesantren yang memungkinkan remaja untuk memiliki konflik lebih beragam dalam pencarian identitas dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dengan psychological well-being pada santri remaja di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan populasi yang digunakan berjumlah 1900 santri di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati dengan kriteria sampel berusia 15-18 tahun dengan jumlah sampel 160 santri. Pengambilan data sendiri dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala Religiusitas (32 aitem, α = 0.911 ) dan skala Psychological Well-Being (25 aitem, α = 0.892). Uji analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara variabel religiusitas dan variabel psychological well-being, dimana rxy = 0.594 dengan Signifikansi sebesar 0.000 (sig. p<0.05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat religiusitas yang dimiliki oleh santri remaja maka semakin tinggi juga tingkat psychological well-being mereka begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:01
Last Modified: 02 Feb 2024 08:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18885

Actions (login required)

View Item View Item