Search for collections on Undip Repository

Hubungan Durasi dan Frekuensi Menulis Terhadap Keluhan Subjektif Carpal Tunnel Syndrome

Widyaningtyas, Hana and Setiawati, Erna and Kesoema, Tanti (2023) Hubungan Durasi dan Frekuensi Menulis Terhadap Keluhan Subjektif Carpal Tunnel Syndrome. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (83kB)

Abstract

Latar Belakang: Perkuliahan tahun 2020 yang kita lewati secara daring karena pandemi Covid 19, kini telah kembali luring seperti sedia kala. Kembalinya metode pembelajaran dan penugasan seperti sediakala meningkatkan durasi penggunaan tangan untuk menulis. Durasi penggunaan tangan dalam waktu yang lama dan repetitif dapat memengaruhi tangan dan pergelangan tangan bahkan dapat menimbulkan kelainan patologis. Penekanan pada saraf di pergelangan tangan yang dapat memunculkan keluhan seperti pegal, nyeri, kebas, dan lemah. Gejala tadi 90% merujuk kepada satu kelainan patologis, yakni Carpal Tunnel Syndrome (CTS).
Tujuan: Mengetahui hubungan antara aktivitas menulis terhadap keluhan subjektif CTS menggunakan subjek penelitian mahasiswa Jurusan Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Metode: Penelitian ini bersifat analitik dengan metode belah lintang (cross sectional) dengan sampel penelitian ini adalah 99 mahasiswa aktif Jurusan Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro semester 2, 4, dan 6. Signifikansi data dilakukan dengan menggunakan crosstabs uji Spearman.
Hasil: Terdapat subjek penelitian yang mengalami keluhan subjektif CTS berdasarkan BCTS-Q, yakni sebanyak 69,7 % berderajat ringan, 4% berderajat sedang, dan 1% berderajat sangat parah. Tidak didapatkan hubungan antara durasi dan frekuensi menulis dengan keluhan subjektif CTS Tidak terdapat hubungan antara variabel perancu yakni waktu lama waktu istirahat di sela-sela menulis dengan keluhan subjektif CTS.

Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara durasi dan frekuensi menulis dengan keluhan subjektif CTS
Kata Kunci : CTS, durasi, intensitas, menulis, gerakan repetitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CTS, durasi, intensitas, menulis, gerakan repetitif
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:06
Last Modified: 20 Dec 2023 02:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18881

Actions (login required)

View Item View Item