Search for collections on Undip Repository

PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN REMAJA PUTRA PONDOK PESANTREN TERHADAP PENCEGAHAN PENULARAN TB PARU (Studi Kasus di Pondok Pesantren Ma’had Ulumusy Syari’yyah Yanbu’ul Qur’an (MUSYQ) Kelurahan Kajeksan Kudus)

Ayu Amalia, Riska and Anies, Anies and Adespin, Dea Amarilisa and Pramono, Dodik (2023) PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN REMAJA PUTRA PONDOK PESANTREN TERHADAP PENCEGAHAN PENULARAN TB PARU (Studi Kasus di Pondok Pesantren Ma’had Ulumusy Syari’yyah Yanbu’ul Qur’an (MUSYQ) Kelurahan Kajeksan Kudus). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
RISKA AYU AMALIA-22010120140214-ABSTRAK.pdf

Download (68kB)

Abstract

Latar Belakang: Tuberculosis (TB) adalah penyakit menular oleh bakteri (Mycobacterium tuberculosis). Penularan TB dapat melalui udara dari seseorang ketika batuk, bersin, atau meludah. Faktor intrinsik dan ekstrinsik berkontribusi dalam berkembangnya infeksi TB. Pondok pesantren berisiko meningkatkan penularan TB paru akibat hunian padat. Selain itu, pengaruh usia remaja karena sering aktivitas di luar ruangan. Penyakit TB paru setiap tahunnya mengalami peningkatan kasus secara global. Perlu pembaharuan data tentang TB paru di Indonesia terutama di Jawa Tengah.
Tujuan: Mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dan tindakan remaja putra di Pondok Pesantren MUSYQ Kelurahan Kajeksan Kabupaten Kudus dalam pencegahan penularan TB paru.
Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian observasional analitik berupa cross sectional dengan jumlah besar sampel sebanyak 85 sampel. Metode penelitian berupa probability sampling dengan jenis simple random sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi disertai analisis data menggunakan chi-square. Penelitian dilaksanakan di Pondok Pesantren Ma’had Ulumusy Syari’yyah Yanbu’ul Qur’an (MUSYQ) Kelurahan Kajeksan Kabupaten Kudus dimulai dari bulan April sampai September 2023.
Hasil: Pengetahuan remaja pondok pesantren yaitu pengetahuan baik (24,7%), pengetahuan sedang (52,9%), dan pengetahuan kurang (22,4%). Sikap dimiliki remaja pondok pesantren diantaranya sikap baik (15,3%), sikap sedang (72,9%), dan sikap kurang (11,8%). Tindakan remaja pondok pesantren diantaranya tindakan baik (12,9%), tindakan sedang (77,6%), dan tindakan kurang (9,4%).
Kesimpulan: Pengetahuan berhubungan dengan sikap dan tindakan serta adannya hubungan antara sikap dengan tindakan pada remaja putra pondok pesantren MUSYQ Kudus.

Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Remaja, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Remaja, Pondok Pesantren
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:29
Last Modified: 18 Dec 2023 01:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18877

Actions (login required)

View Item View Item