Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HIDUP PASIEN LOW BACK PAIN

Athaya, Arina Rezky and Julianti, Hari Peni and Adespin, Dea Amarilisa and Pramono, Dodik (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HIDUP PASIEN LOW BACK PAIN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak KTI_Arina Rezky Athaya)
Abstrak KTI_Arina Rezky Athaya.pdf

Download (118kB)

Abstract

Latar Belakang: Low back pain (LBP) atau dalam bahasa Indonesia disebut nyeri yang dirasakan di punggung bagian bawah. Terdapat faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya LBP yaitu non-spesifik dan spesifik. Beberapa tahun ini dapat kita jumpai banyaknya dampak dari penyakit fisik maupun mental yang mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Kualitas hidup seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor (multifaktorial) yaitu usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, jenis pekerjaan, aktivitas fisik, tingkat pendidikan, kebiasaan merokok, dan tingkat keparahan. Pasien LBP dengan keluhan rasa nyeri yang dirasakan terus-menerus dapat menyebabkan aktivitas fisik sehari-hari pasien menjadi terbatas. Terbatasnya aktivitas fisik dari pasien ini dapat menyebabkan kualitas hidup menjadi kurang maksimal.

Tujuan: Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hidup pasien low back pain.

Metode: Penelitian observasional analitik menggunakan rancangan cross sectional dengan simple random sampling pada 98 pasien LBP RS William Booth Semarang. Pengumpulan data menggunakan 3 instrumen yaitu Visual Analog Scale (VAS), Intrumental Activities of Daily Living (IADL) Lawton dan kuesioner World Health Organization Quality of Life (WHOQOL-BREF) versi Indonesia. Analisis data menggunakan analisis univariat, analisis bivariat dengan chi-square dan analisis multivariat secara uji regresi logistik.

Hasil Penelitian: Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa terdapat faktor dominan yang mempengaruhi kualitas hidup pasien LBP yaitu faktor usia (p<0,001), IMT (p=0,008), dan tingkat pendidikan (p=0,006).

Simpulan dan Saran: Faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas hidup pasien LBP adalah usia, indeks massa tubuh, dan tingkat pendidikan. Penelitian berikutnya dapat menambah faktor lainnya yang dapat diuji dan melakukan di fasilitas kesehatan lainnya.

Kata kunci: Faktor-faktor yang mempengaruhi, Kualitas Hidup, Low Back Pain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor yang mempengaruhi, Kualitas Hidup, Low Back Pain
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:42
Last Modified: 19 Dec 2023 01:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18873

Actions (login required)

View Item View Item