Search for collections on Undip Repository

KAJIAN YURIDIS PERNYATAAN PAILIT DEBITOR SOLVEN (STUDI KASUS PUTUSAN NO. 48/PAILIT/2012/PN.NIAGA.JKT.PST JO. PUTUSAN NO. 704 K/PDT.SUS/2012)._209 Dagang 2023

TUNGGAL, PATRICIA ANGGITA PAULIKA and Mahmudah, Siti and Saptono, Hendro (2023) KAJIAN YURIDIS PERNYATAAN PAILIT DEBITOR SOLVEN (STUDI KASUS PUTUSAN NO. 48/PAILIT/2012/PN.NIAGA.JKT.PST JO. PUTUSAN NO. 704 K/PDT.SUS/2012)._209 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persyaratan pengajuan kepailitan di Indonesia dalam UU K-PKPU tidak mensyaratkan insolvensi sebagai salah satu unsur pertimbangan penjatuhan putusan pailit sehingga dalam praktiknya seringkali ditemukan kasus debitor solven yang dijatuhi putusan pailit, sebagaimana ditemukan dalam kasus pailit PT Telkomsel. Berkaitan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk mengkaji insolvensi dalam hukum kepailitan melalui perbandingan dengan hukum kepailitan di Amerika Serikat dan Belanda serta memahami proses penyelesaian kasus pernyataan pailit debitor solven dalam putusan pailit PT Telkomsel. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis-normatif yakni penelitian yang dilakukan dengan mengkaji regulasi dan bahan pustaka terkait sebagai bahan
dasar penelitian dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan yang kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbeda dengan hukum kepailitan 2 (dua) negara pembanding, hukum kepailitan Indonesia tidak mempertimbangkan solvabilitas debitor dalam proses permohonan kepailitan. Hal tersebut juga yang terjadi pada putusan pailit PT Telkomsel sebagai debitor solven. Putusan ini dibatalkan melalui upaya hukum kasasi sebab kasus a quo bertentangan dengan ketentuan Pasal 8 ayat (4). Meskipun dalam kasus serupa dapat diajukan permohonan rehabilitasi, keterkaitan antara insolvensi dan kepailitan membuat diperlukannya unsur insolvensi sebagai bahan pertimbangan dalam proses permohonan kepailitan debitor.
Kata kunci: kepailitan, insolvensi, debitor, kreditor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:09
Last Modified: 19 Dec 2023 02:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18840

Actions (login required)

View Item View Item