Search for collections on Undip Repository

PELANGGARAN HAK CIPTA ATAS HOLOGRAMISASI ATAU KINEGRAMISASI PITA CUKAI TEMBAKAU/ROKOK (Analisis Putusan No. 9/Pdt.Sus.HAKI/2019/PN.Smg)._210 Dagang 2023

MAHRUZZAMANI, LUTHFIAH and Santoso, Budi and Prasetyo, Agung Basuki (2023) PELANGGARAN HAK CIPTA ATAS HOLOGRAMISASI ATAU KINEGRAMISASI PITA CUKAI TEMBAKAU/ROKOK (Analisis Putusan No. 9/Pdt.Sus.HAKI/2019/PN.Smg)._210 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkara gugatan ganti rugi atas dugaan pelanggaran Hak Cipta yang diajukan oleh Kasim Tarigan selaku pencipta yang sah atas Hak Cipta “Hologramisasi atau Kinegramisasi Pita Cukai Tembakau/Rokok” menggugat empat Tergugat, yaitu Tergugat I PT. Pura Nusapersada, Tergugat II PT. Pura Barutama, Tergugat III Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual dan Tergugat IV Feybe Fince Goni. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Yuridis- Normatif. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis yaitu mendeskripsikan hasil riset dengan data yang selengkap dan sedetail mungkin. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara dengan narasumber selaku Hakim Pengadilan Niaga Semarang yang mengadili dan memutus sengketa tersebut. Data sekunder terdiri dari peraturan perundang-undangan, jurnal-jurnal hukum, dan buku literatur yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Sedangkan data tersier berupa artikel, kamus hukum, serta ensiklopedia. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa gugatan Penggugat ditolak karena gugatan kabur dan saling bertentangan, mencampur adukkan antara Hak Cipta dengan Paten dan Perbuatan Melawan Hukum. Berdasarkan bukti-bukti para tergugat, bahwa para tergugat tidak dapat digugat karena mereka tidak bersalah melanggar Hak Cipta Penggugat. Putusan majelis hakim sudah memenuhi unsur-unsur keadilan, kepastian dan kemanfaatan. Kata Kunci : Hak Cipta, Paten, Perbuatan Melawan Hukum, Hologramisasi, dan Kinegramisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:07
Last Modified: 19 Dec 2023 02:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18839

Actions (login required)

View Item View Item