Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PELANGGARAN TERHADAP TERMS OF TENURE KEDUTAAN BESAR EKUADOR SEBAGAI ALASAN PENGHENTIAN SUAKA DIPLOMATIK JULIAN ASSANGE._034 HI 2023

Gunawan, Christina Deviyana and Susetyorini, Peni and Hananto, Pulung Widhi Hari (2023) ANALISIS PELANGGARAN TERHADAP TERMS OF TENURE KEDUTAAN BESAR EKUADOR SEBAGAI ALASAN PENGHENTIAN SUAKA DIPLOMATIK JULIAN ASSANGE._034 HI 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suaka diplomatik Julian Assange di Kedutaan Besar Ekuador di Inggris dihentikan pada 11 April 2019 dengan alasan telah melanggar perjanjian internasional dan terms of tenure. Telah banyak penelitian mengenai Julian Assange, namun tidak terdapat penelitian mengenai penetapan terms of tenure dan kewenangan hukum Ekuador untuk menetapkan terms of tenure di Kedutaan Besar Ekuador di Inggris. Pembahasan ini penting apalagi mengetahui bahwa Kedutaan Besar Ekuador bukan wilayah kedaulatan dari Ekuador. Penulis akhirnya tertarik untuk meneliti mengenai penetapan terms of tenure. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dasar pelanggaran Julian Assange terhadap suaka diplomatik yang diberikan oleh Kedutaan Besar Ekuador menurut hukum internasional dan penetapan terms of tenure dalam suaka diplomatik oleh Kedutaan Besar Ekuador. Metode penelitian yang digunakan, yakni metode yuridis normatif dengan menggunakan jenis data sekunder dengan bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Julian Assange melanggar terms of tenure dan berbagai perjanjian internasional. Terms of tenure merupakan kebijakan prosedural Ekuador, bukan perjanjian. Namun, terms of tenure tidak memiliki dasar hukum yang jelas dengan hukum nasional Ekuador maupun hukum internasional. Ekuador memiliki yurisdiksi legislatif terhadap terms of tenure berdasarkan prinsip ekstrateritorial dan nasionalitas.
Kata Kunci: Suaka Diplomatik, Penghentian Suaka, Terms of Tenure

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:05
Last Modified: 19 Dec 2023 02:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18835

Actions (login required)

View Item View Item