Search for collections on Undip Repository

STRATEGI PUBLIC RELATIONS MELALUI PRODUKSI KONTEN INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT RATE DI CV. PELANGI MULTI KREASINDO

Ahlian, Fika Alfin (2023) STRATEGI PUBLIC RELATIONS MELALUI PRODUKSI KONTEN INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT RATE DI CV. PELANGI MULTI KREASINDO. Undergraduate thesis, universitas diponegoro.

[img] Text
S_INHUM_Fika Alfin Ahlian_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Perusahaan CV. Pelangi Multi Kreasindo yang berfokus pada event production,
menghadapi beberapa masalah. Salah satu masalah yang mencolok adalah engagement
yang rendah di akun media sosial perusahaan, terutama di akun Instagram. Secara umum,
engagement rate yang baik di Instagram berkisar antara 1% hingga 5%. Namun, akun
Instagram CV. Pelangi Multi Kreasindo hanya mencapai 0,09%, yang jauh di bawah
standar engagement rate yang diharapkan. Selain masalah engagement rate, perusahaan
juga mengalami penurunan interaksi sebesar 35,3%. Ini terlihat dari jumlah interaksi pada
tahun 2022 yang mencapai 681 kali, sementara pada tahun 2023, CV. Pelangi Multi
Kreasindo hanya menerima 440 kali interaksi. Beberapa masalah ini menjadi dasar bagi
penelitian untuk meningkatkan engagement rate akun Instagram perusahaan melalui
produksi konten video yang dikemas dengan strategi yang matang. Strategi tersebut
dijalankan menggunakan metode penelitian terapan.
Dalam penerapan strategi public relations tersebut terdapat beberapa hasil yang
diperoleh seperti kenaikan engagement rate akun instagram perusahaan sebesar 0,4%
yang mana kenaikan tersebut menjadikan engagement rate perusahaan berada pada angka
0,49%. Tentu saja hasil tersebut belum mencapai indikasi engagement rate yang baik.
Selain engagement rate, penelitian ini juga menemukan berbagai faktor yang
mempengaruhi hasil video konten. Adapun faktor tersebut adalah penggunaan backsound
yang didalamnya terdapat bahasa asing, cakupan acara yang menarik audiens, serta
memperhatikan waktu publikasi. Faktor tersebut ternyata berpengaruh terhadap hasil
yang diperoleh dari penerapan strategi public relations.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Public Relations, Instagram Engagement Rate, Video Konten Instagram.
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:45
Last Modified: 15 Dec 2023 07:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18832

Actions (login required)

View Item View Item