Search for collections on Undip Repository

Perbedaan Laju Filtrasi Ginjal dan HbA1c pada Penderita Diabetes dengan dan tanpa Hipertensi

Permatasari, Zahra Dewi and Rachmawati, Banundari and Hendrianingtyas, Meita and Widyastiti, Nyoman Suci (2023) Perbedaan Laju Filtrasi Ginjal dan HbA1c pada Penderita Diabetes dengan dan tanpa Hipertensi. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ZAHRA DEWI PERMATASARI-22010120120017-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes melitus (DM) merupakan kelainan metabolisme dengan penyebab multifaktorial dan terjadi gangguan pada sekresi insulin dan/atau aktivitas insulin. Disfungsi metabolisme ini berkembang secara bertahap mengubah struktur normal, fungsi mikro dan makrovaskuler, salah satunya pada ginjal. Adanya diagnosis ganda hipertensi dan DM meningkatkan risiko makro/mikroangiopati hingga 2-3 kali lipat. Hal ini ditandai dengan peningkatan tekanan darah non fisiologis yang persisten dan keadaan disglikemik. Studi ini melakukan analisis perbedaan HbA1c dan LFG antara penderita DM dengan dan tanpa hipertensi.
Tujuan: Membuktikan perbedaan LFG dan HbA1c antara penderita DM dengan dan tanpa hipertensi.
Metode: Penelitian observasional analitik dengan pendekatan belah lintang pada 39 subjek DM dengan hipertensi dan 40 subjek DM tanpa hipertensi. Data merupakan data sekunder dari pasien DM tipe 2 di RSUP Dr. Kariadi. Analisis menggunakan uji T-test tidak berpasangan untuk LFG dan HbA1c.
Hasil: Hasil uji T-test tidak berpasangan menunjukkan terdapat perbedaan antara kadar LFG antara penderita DM dengan dan tanpa hipertensi (p<0,05). Namun, tidak terdapat perbedaan HbA1c pada kedua kelompok (p>0,05).
Simpulan: Terdapat perbedaan nilai LFG antara kelompok DM tipe 2 dengan hipertensi dan tanpa hipertensi. Namun, tidak ada perbedaan kadar HbA1c pada kedua kelompok.
Kata Kunci: Diabetes melitus, LFG, HbA1c

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LFG, HBA1C, DM, HIPERTENSI
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Dec 2023 08:34
Last Modified: 15 Dec 2023 08:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18826

Actions (login required)

View Item View Item