Search for collections on Undip Repository

BOARD GAME J - KYOU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG LEVEL N5 (SOAL DAN KUESIONER)

HARTANTO, DEDY DWI (2023) BOARD GAME J - KYOU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG LEVEL N5 (SOAL DAN KUESIONER). Undergraduate thesis, universitas diponegoro.

[img] Text
S_BASING_Dedy Dwi Hartanto_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Bahasa Jepang merupakan bahasa yang cukup sulit dipelajari, dikarenakan bahasa Jepang
memiliki huruf dan struktur kalimat yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Dalam
mengatasi hal tersebut, diperlukan sebuah media pembelajaran yang menarik dan inovatif
supaya bisa membantu para pembelajar dalam proses belajar bahasa Jepang. Media
pembelajaran yang dibuat oleh penulis diberi nama board game J - KYOU. Metode yang
digunakan penulis dalam membuat produk board game J – KYOU yaitu dengan metode
Research and Development . Metode Research and Development merupakan metode yang
digunakan untuk menghasilkan produk dan menguji kelayakan produk. Metode ini mengacu
pada 10 tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain,
revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi
masal. Board game J – KYOU ini memiliki tujuan untuk membantu pembelajar bahasa
Jepang level N5 dalam melatih kemampuan menghafal kosakata, membaca serta mengartikan
Kanji, dan berbicara dengan menggunakan bahasa Jepang. Board game J – KYOU ini terdiri
dari 160 kartu yang dibagi menjadi 4 warna dengan soal yang berbeda yaitu warna merah:
tantangan, warna kuning: tebak gambar, warna biru: membaca dan mengartikan kanji, warna
hijau: pilihan ganda. Fungsi dari permainan ini yaitu sebagai media pembelajaran yang dapat
digunakan dalam belajar bahasa Jepang dengan cara yang edukatif dan menyenangkan.
Permainan ini dapat dimainkan oleh 2 – 4 orang. Produk ini di uji cobakan kepada mahasiswa
prodi Bahasa Asing Terapan semester 3 dengan berjumlah 4 orang pada uji coba pertama dan
4 orang untuk uji coba yang kedua. Berdasarkan hasil ujicoba permainan ini mendapatkan
respon yang positif oleh mahasiswa bahwa soal mudah dipahami dan sesuai dengan
kemampuan mahasiswa. Hal ini menjadikan board game J – KYOU layak untuk digunakan
sebagai media belajar bahasa Jepang bagi pembelajar bahasa Jepang tingkat N5.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Board game J – KYOU, Media Pembelajaran, Bahasa Jepang.
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Japanese
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:29
Last Modified: 15 Dec 2023 07:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18825

Actions (login required)

View Item View Item