Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KADAR GLUKOSA DARAH PUASA DENGAN PROFIL LIPID PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN HIPERTENSI

Lestari, Sarah Syifa and Limijadi, Edward Kurnia Setiawan and Rachmawati, Banundari and Kusumastuti, Aryu Candra (2023) HUBUNGAN KADAR GLUKOSA DARAH PUASA DENGAN PROFIL LIPID PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN HIPERTENSI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (92kB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes Melitus (DM) merupakan salah satu ancaman kesehatan global yang tiap tahunnya mengalami tren peningkatan. Diabetes melitus dapat menimbulkan komplikasi apabila tidak tertangani dengan baik. Salah satu komplikasi yang timbul adalah hipertensi. Pasien DM tipe 2 dengan hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit yang lebih tinggi dibandingkan DM tipe 2 tanpa hipertensi.
Tujuan: Membuktikan hubungan antara kadar Glukosa Darah Puasa (GDP) dengan kadar profil lipid pada pasien DM tipe 2 dengan hipertensi.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik menggunakan pendekatan belah lintang. Data merupakan data sekunder berupa rekam medik pasien. Penelitian ini menggunakan data rekam medis pasien DM tipe 2 dengan hipertensi di Rumah Sakit Nasional Diponegoro sebanyak 38 subjek tahun 2021 - 2023.
Hasil: Uji korelasi Spearman-Rank menunjukkan bahwa pada pasien DM tipe 2 dengan hipertensi, hubungan antara kadar GDP dengan kadar kolesterol total didapatkan nilai p=0,073 dan r =0,295, dengan kolesterol HDL didapatkan nilai p=0,232 dan r=0,199, dengan kolesterol LDL didapatkan nilai p=0,048 dan r=0,323, serta dengan kadar trigliserida didapatkan nilai p=0,371 dan r=0,149. Simpulan: Terdapat hubungan signifikan positif antara kadar GDP dengan kadar kolesterol LDL pada pasien DM tipe 2 dengan hipertensi
Kata kunci: Diabetes Melitus, Glukosa Darah Puasa, Profil Lipid

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Diabetes Melitus, Glukosa Darah Puasa, Profil Lipid
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:28
Last Modified: 15 Dec 2023 07:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18819

Actions (login required)

View Item View Item