Search for collections on Undip Repository

Hubungan Durasi Kangaroo Mother Care terhadap Hasil Edinburgh Postnatal Depression Scale: Studi pada Ibu dengan Bayi Preterm di RSUP Dr. Kariadi Semarang

Pranoto, Ivena Celia Eileen and Suswihardhyono, Adhie Nur Radityo and Wardani, Natalia Dewi (2023) Hubungan Durasi Kangaroo Mother Care terhadap Hasil Edinburgh Postnatal Depression Scale: Studi pada Ibu dengan Bayi Preterm di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (322kB)

Abstract

Latar Belakang: Kelahiran preterm berdampak buruk bagi kesehatan bayi dan berisiko menyebabkan terjadinya depresi postpartum pada ibu. Kangaroo mother care merupakan perawatan bayi preterm yang dinilai dapat meningkatkan ikatan antara ibu dan bayi sehingga menurunkan kejadian depresi postpartum.
Tujuan: Menganalisis hubungan durasi kangaroo mother care terhadap hasil Edinburgh Postnatal Depression Scale (EPDS) pada ibu dengan bayi preterm.
Metode: Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimental dengan desain non-randomized control group pre-test and post-test. Subjek penelitian berjumlah 34 ibu dengan bayi preterm, yang terbagi ke dalam kelompok kontrol (melakukan KMC dengan durasi 60 menit/hari) dan perlakuan (melakukan KMC dengan durasi 120 menit/hari), masing-masing berjumlah 17 subjek. Kriteria inklusi dan eksklusi dipertimbangkan saat memilih subjek penelitian melalui metode consecutive sampling. Analisis data dilakukan dengan paired sample T-test dan independent samples T-test untuk menentukan hubungan antar variabel.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna antara penurunan skor EPDS pada kelompok kontrol dan perlakuan (p=0,017). Penurunan skor EPDS yang bermakna ditemukan pada kelompok perlakuan (p<0,001). Penurunan skor EPDS pada kelompok kontrol tidak bermakna (p=0,704).
Kesimpulan: Peningkatan durasi kangaroo mother care menurunkan skor Edinburgh Postnatal Depression Scale (EPDS) pada ibu dengan bayi preterm.
Kata Kunci: Depresi postpartum, Preterm, Kangaroo Mother Care, Edinburgh Postnatal Depression Scale (EPDS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Depresi postpartum, Preterm, Kangaroo Mother Care, Edinburgh Postnatal Depression Scale (EPDS)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Dec 2023 04:08
Last Modified: 15 Dec 2023 04:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18811

Actions (login required)

View Item View Item