Search for collections on Undip Repository

Hubungan Self-Efficacy Main Caregiver dengan Angka Pengalaman Karies dan Status Kebersihan Mulut Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Tembalang dan Banyumanik Tahun 2023

Wijaya, Caroline Carissa and Nasia, Avina Anin and Skripsa, Tira Hamdillah (2023) Hubungan Self-Efficacy Main Caregiver dengan Angka Pengalaman Karies dan Status Kebersihan Mulut Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Tembalang dan Banyumanik Tahun 2023. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI-CAROLINE)
ABSTRAK-KTI-CAROLINE.pdf

Download (85kB)

Abstract

Tujuan: Menganalisis hubungan self-efficacy main caregiver terhadap angka pengalaman karies dan status kebersihan mulut anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Tembalang dan Banyumanik tahun 2023. Metode: Penelitian dengan desain cross-sectional menggunakan kuesioner SESMO untuk mendapatkan informasi mengenai self-efficacy dan pemeriksaan klinis DMFT/dmft dan OHI-S pada 384 main caregiver dan anaknya di 7 TK di Kecamatan Tembalang dan Banyumanik. Hasil: Uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa skor SESMO main caregiver memiliki hubungan yang signifikan (p<0,01) dengan skor DMFT/dmft dan skor OHI-S anak. Kesimpulan: Terdapat hubungan negatif cukup antara self-efficacy main caregiver dengan angka pengalaman karies dan hubungan negatif sangat lemah dengan status kebersihan mulut anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Tembalang dan Banyumanik tahun 2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: self-efficacy, angka pengalaman karies, status kebersihan mulut
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Dec 2023 04:00
Last Modified: 15 Dec 2023 04:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18784

Actions (login required)

View Item View Item