Search for collections on Undip Repository

Hubungan Oral Health Related Quality of Life dengan Angka Pengalaman Karies dan Status Kebersihan Mulut Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Tembalang dan Banyumanik Tahun 2023

Komang, Ni Luh Gede Nirmala Komang and Nasia, Avina Anin and Skripsa, Tira Hamdillah (2023) Hubungan Oral Health Related Quality of Life dengan Angka Pengalaman Karies dan Status Kebersihan Mulut Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Tembalang dan Banyumanik Tahun 2023. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI-PSKG-Ni Luh Gede)
ABSTRAK-KTI-PSKG-Ni Luh Gede.pdf

Download (180kB)

Abstract

Tujuan: Menganalisis hubungan Oral Health Related Quality of Life terhadap angka pengalaman karies dan status kebersihan mulut anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Banyumanik dan Tembalang tahun 2023. Metode: Penelitian dengan desain cross-sectional menggunakan kuesioner SOHO-5 untuk mendapatkan informasi mengenai oral health related quality of life dan pemeriksaan klinis DMFT/dmft dan OHI-S pada 384 main caregiver dan anaknya di 7 TK di Kecamatan Banyumanik dan Tembalang. Hasil: Uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa skor SOHO-5 memiliki hubungan yang signifikan (p<0,01) dengan skor DMFT/dmft dan skor OHI-S anak. Kesimpulan: Terdapat hubungan positif cukup antara Oral Health Related Quality of Life dengan angka pengalaman karies dan hubungan positif sangat lemah dengan status kebersihan mulut anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Banyumanik dan Tembalang tahun 2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: oral health related quality of life, angka pengalaman karies, status kebersihan mulut
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Dec 2023 08:32
Last Modified: 15 Dec 2023 08:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18775

Actions (login required)

View Item View Item