Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Lama Paparan Asap dan Indeks Kebersihan Rongga Mulut dengan Derajat Keparahan Pembesaran Gingiva (Studi pada Pekerja Pengasapan Ikan di Desa Bandarharjo, Kota Semarang)

Chang, Livia Aurellia and Nosartika, Isniya and Skripsa, Tira Hamdillah (2023) Hubungan antara Lama Paparan Asap dan Indeks Kebersihan Rongga Mulut dengan Derajat Keparahan Pembesaran Gingiva (Studi pada Pekerja Pengasapan Ikan di Desa Bandarharjo, Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak_Livia Aurellia)
Abstrak_Livia Aurellia.pdf

Download (93kB)

Abstract

Tujuan: Mengetahui hubungan antara lama paparan asap dan indeks kebersihan rongga mulut dengan derajat keparahan pembesaran gingiva pada pekerja pengasapan ikan di Desa Bandarharjo, Kota Semarang Metode: Jenis penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Metode pengambilan sampel dengan purposive sampling pada 35 sampel berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang sudah ditentukan. Pada subjek penelitian, dilakukan pengambilan data demografi, pemeriksaan OHIS, dan pemeriksaan derajat pembesaran gingiva. Hasil: Hasil uji analisis bivariat dengan Rank Spearman menunjukkan bahwa nilai p=0,000 (p<0,05 = signifikan) dan r=0,741 (r=0,60 – 0,799 berkorelasi kuat) yang berarti lama paparan asap pengasapan ikan memiliki hubungan yang signifikan dan berkorelasi kuat ke arah positif dengan derajat pembesaran gingiva. Pada hasil uji analisis hubungan indeks kebersihan rongga mulut dengan derajat pembesaran gingiva, menunjukkan bahwa p=0,022 dan r=0,385 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan dan berkorelasi lemah ke arah positif antara kebersihan rongga mulut dan derajat pembesaran gingiva. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara lama paparan asap dan indeks kebersihan rongga mulut dengan derajat keparahan pembesaran gingiva.

Kata kunci: pembesaran gingiva, lama paparan asap pengasapan ikan, indeks kebersihan rongga mulut, derajat keparahan pembesaran gingiva.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembesaran gingiva, lama paparan asap pengasapan ikan, indeks kebersihan rongga mulut, derajat keparahan pembesaran gingiva.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:40
Last Modified: 15 Dec 2023 03:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18774

Actions (login required)

View Item View Item