Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK CIPTA FILM YANG DIUNGGAH ULANG PADA APLIKASI TIKTOK TANPA IZIN._205 Dagang 2023

Sinabang, Imelda Amelia and Prananingtyas, Paramita and Rahmanda, Bagus (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK CIPTA FILM YANG DIUNGGAH ULANG PADA APLIKASI TIKTOK TANPA IZIN._205 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membawa pelanggaran Hak Cipta ke dalam dunia internet. Kini, pembajakan film tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional yang diwujudkan dalam bentuk DVD atau VCD melainkan dapat secara mudah dan gratis dengan mengakses situs-situs illegal yang tersedia di internet seperti yang cukup populer saat ini yaitu Ganool, nontonmovie, LK21, Indoxxi dan sekarang merambah pada aplikasi tiktok yang disajikan dengan beberapa potongan part film. Tiktok merupakan sebuah inovasi teknologi masa kini yang diluncurkan oleh perusahaan ByteDance dari negara China. Tiktok menjadi platform video musik yang menyajikan fitur unik bagi para penggunanya untuk membuat dan mengedit klip video sesuai imajinasi para pengguna dengan durasi durasi yang pendek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap pemegang hak cipta film yang diunggah ulang pada
aplikasi tiktok menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 dan untuk mengetahui tanggung jawab dan sanksi hukum atas kasus pengunggahan ulang film pada aplikasi tiktok. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah yuridis normatif dengan menggunakan spesifikasi penelitian berupa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembajakan dan penyiaran film secara ilegal masih banyak ditemui dan sulit untuk diberantas, hal ini tentu menimbulkan kerugian bagi Pencipta atau pemegang hak cipta, karena hak ekslusif yang diberikan oleh Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dilanggar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, diperlukan tanggung jawab dari pelaku pelanggaran hak cipta, pemberian sanksi hukum yang tegas hingga penyelesaian sengketa melalui upaya perdata dan pidana guna melindungi hak-hak Pencipta diikuti dengan penegakan hukum seperti penutupan dan pemblokiran akun pembajak film serta konten-konten ilegalnya.
Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Hak Cipta, Tiktok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:25
Last Modified: 19 Dec 2023 02:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18754

Actions (login required)

View Item View Item