Search for collections on Undip Repository

Pengelolaan Keluarga pada Anak Sekolah dengan Down Syndrome

Salsabila, Salsabila and Winarni, Tri Indah and Utari, Agustini (2023) Pengelolaan Keluarga pada Anak Sekolah dengan Down Syndrome. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abtrak KTI Salsabila)
Abstrak KTI Salsabila.pdf

Download (271kB)

Abstract

Latar belakang: Down Syndrome merupakan kelainan kromosomal paling umum di dunia. Diperlukan pengasuhan khusus dari keluarga untuk mengelola kondisi anak dengan Down Syndrome. Proses dalam pengelolaan anak dan berbagai tantangan yang dihadapi orang tua dapat memengaruhi pengelolaan keluarga. Pengelolaan keluarga dapat memengaruhi kualitas hidup dan perkembangan anak dengan Down Syndrome sehingga pengukuran pengelolaan keluarga pada anak dengan Down Syndrome perlu dilakukan.

Tujuan: Mengetahui gambaran pengelolaan keluarga pada anak dengan Down Syndrome dan faktor-faktor yang memengaruhi pengelolaan keluarga yaitu faktor anak (usia, jenis kelamin, durasi sejak didiagnosis, komorbiditas, asuransi kesehatan) dan faktor orang tua (usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, status marital, jumlah anak).

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional. Sebanyak 122 orang tua anak dengan Down Syndrome dari Jawa Tengah yang bersekolah di SLB Negeri dan SLB C-D YPAC, Semarang. Penelitian dilakukan secara tatap muka. Setiap orang tua diwawancara untuk mendapatkan data demografi. Pengelolaan keluarga diukur menggunakan kuesioner Family Management Measure (FaMM) versi Bahasa Indonesia. Data dianalisis secara deskriptif dan bivariat menggunakan uji Chi-Square.

Hasil: Rata-rata skor orang tua anak dengan Down Syndrome kategori pengelolaan keluarga yang mudah (93) lebih tinggi dari rata-rata skor kategori pengelolaan keluarga yang sulit (72). Faktor status marital dan status responden orang tua berhubungan secara signifikan terhadap pengelolaan keluarga pada anak dengan Down Syndrome (p<0,05).

Kesimpulan: Pengelolaan keluarga pada anak dengan Down Syndrome dipandang mudah oleh orang tua. Faktor status marital pada orang tua dan status responden yang dianalisis dalam penelitian ini memengaruhi pengelolaan keluarga pada anak dengan Down Syndrome.

Kata kunci: Down Syndrome, anak, pengelolaan keluarga, FaMM, orang tua, sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Down Syndrome, anak, pengelolaan keluarga, FaMM, orang tua, sekolah.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:03
Last Modified: 18 Dec 2023 01:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18749

Actions (login required)

View Item View Item