Search for collections on Undip Repository

ARAHAN PENATAAN KAMPUNG LIO KOTA DEPOK BERDASARKAN PREFERENSI MASYARAKAT

Amelia, Fakhira (2023) ARAHAN PENATAAN KAMPUNG LIO KOTA DEPOK BERDASARKAN PREFERENSI MASYARAKAT. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO; FAKULTAS TEKNIK.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak Fakhira.pdf

Download (11kB)

Abstract

Arus urbanisasi yang terjadi akibat peningkatan populasi penduduk perkotaan telah menciptakankawasan permukiman tak terencana yang disebut sebagai kampung kota. Kampung Lio sebagai kampungkumuh yang terletak di sempadan Situ Rawa Besar pusat Kota Depok telah diarahkan menjadi PusatPelayanan Kota (PPK) Margonda serta merupakan Kawasan Strategis Kota Depok. Kekumuhan KampungLio ditetapkan dalam SK Walikota terjadi akibat permukiman yang semakin pada dan kumuh akibat secaraorganik tumbuh tanpa perencanaan dan penataan sarana prasarana yang memadai. Kondisi kampung yangcenderung kumuh membuat Kampung Lio kerap dilanda banjir hingga kebakaran. Selain itu, kondisi jaringaninfrastruktur yang buruk semakin memperparah kekumuhan kawasan. Berdasarkan hal tersebut, diperlukanpenataan kawasan Kampung Lio berdasarkan preferensi masyarakat dalam mewujudkan kampung sebagaikomunitas yang berkelanjutan baik secara fisik dan non fisik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikanarahan penataan Kampung Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok berdasarkanpreferensi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desktiptif kuantitatif untukmengeksplotasi prerensi masyarakat dalam arahan penataan kawasan. Variabel yang dianalisis antara lainadalah keberadaan sarana prasarana pemerintahan, pendidikan, kesehatan, peribadatan, perdagangan niaga,kebudayaan rekreasi, RTH, karakteristik bermukim, karakteristik sosial ekonomi, dan karakteristik sosial
budaya. Pengumpulan data primer meliputi fakta empiris dan preferensi dilakukan melalui survei lapangandan kuesioner yang diisi oleh 91 responden warga Kampung Lio dari purposive sampling, sedangkan datasekunder mengenai statistik penduduk dan standar layanan sarana prasarana diperoleh dari studi literaturdan telaah dokumen. Teknik analisis meliputi statistik deskriptif dan triangulasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Engineering
Engineering > Urban and Regional Planning
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Depositing User: nurohmi pwk
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:19
Last Modified: 13 Dec 2023 07:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18742

Actions (login required)

View Item View Item