Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Rasionalitas Pemberian Antibiotik terhadap Luaran Klinis Pasien Hospital-acquired Pneumonia di ICU RSUP Dr. Kariadi Semarang

Sasmitasari, Dwi Putranti Chitra and Hadi, Purnomo and FIRMANTI, STEFANI CANDRA (2023) Pengaruh Rasionalitas Pemberian Antibiotik terhadap Luaran Klinis Pasien Hospital-acquired Pneumonia di ICU RSUP Dr. Kariadi Semarang. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)

Abstract

LATAR BELAKANG: Hospital-acquired pneumonia (HAP) merupakan salah satu infeksi yang didapat di rumah sakit yang paling umum. Insiden rata-rata HAP di Indonesia sekitar 538 kasus per 100.000 pasien pada tahun 2016 dengan angka kematian HAP mencapai 11,3%. Kajian rasionalitas antibiotik di ruang ICU diperlukan untuk mengoptimalkan penggunaan antibiotik secara bijak.
TUJUAN: Menganalisis pengaruh penggunaan antibiotik yang rasional terhadap luaran klinis dan waktu perbaikan klinis pasien HAP yang dirawat di ICU.
METODE: Studi observasional dengan desain belah lintang melibatkan 92 pasien HAP yang dirawat di ICU RSUP Dr. Kariadi Semarang periode Januari - Desember 2022.
HASIL: Sebanyak 64 pasien diberikan terapi antibiotik definitif rasional dengan 53,1% luaran klinis pasien dinyatakan membaik dan sebanyak 28 pasien diberikan terapi antibiotik definitif tidak rasional dengan 60,7% luaran klinis pasien dinyatakan membaik. Rasionalitas penggunaan antibiotik definitif pada pasien HAP yang dirawat di ICU sebesar 73,51%. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa tidak ada hubungan bermakna antara rasionalitas antibiotik terhadap perbaikan luaran klinis (p=0,656) dan waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan klinis (p=0,915) pasien HAP yang dirawat di ICU RSUP Dr. Kariadi Semarang.
KESIMPULAN: Tidak terdapat pengaruh rasionalitas antibiotik terhadap luaran klinis pasien HAP yang dirawat di ICU.
Kata kunci: HAP, rasionalitas, antibiotik, luaran klinis, waktu perbaikan klinis

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: HAP, rasionalitas, antibiotik, luaran klinis, waktu perbaikan klinis
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:37
Last Modified: 14 Dec 2023 07:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18732

Actions (login required)

View Item View Item